Biaya Kuliah UNSRI 2022 — Info Biaya Kuliah UNSRI, Biaya Pendidikan UNSRI, Biaya UKT UNSRI, Biaya SPP UNSRI, UKT USM, Biaya Studi UNSRI, Uang Kuliah Tunggal (UKT) UNSRI, Biaya Kuliah Diploma, Sarjana, Pascasarjana UNSRI, Biaya Kuliah Per Semester UNSRI, Biaya Kuliah Universitas Sriwijaya. 2024. 2025.

Pada peluang ini admin akan menampilkan info wacana Biaya Kuliah UNSRI 2022/2023 (Universitas Sriwijaya). Informasi ini disampaikan untuk anda utamanya yang ingin kuliah di UNSRI. Mari simak permbahasan selengkapnya berikut ini.
 Pada peluang ini admin akan menampilkan info wacana  Bayar Dana  Biaya Kuliah UNSRI 2022/2023 (Universitas Sriwijaya)

UNSRI memiliki kepanjangan nama Universitas Sriwijaya yakni salah satu Perguruan Tinggi Negeri terkemuka di Indonesia yang berlokasi di 2 daerah yakni di Inderalaya dan Palembang.

Universitas ini sudah diresmikan pada tanggal 29 Oktober 1960. Moto dari Universitas Sriwijaya (UNSRI) yakni Ilmu Alat Pengabdian.

Universitas Sriwijaya (UNSRI) memiliki dua lokasi kampus. Kampus utama terletak di Jl. Raya Palembang-Prabumulih, Kabupaten Ogan Ilir, Inderalaya, Sumatera Selatan, dan Kampus Utama Lainnya berada di Kota Palembang tepatnya di Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar, Kota Palembang, dan masih ada lokasi kampus yang lain yakni di Jl. Ogan dan di KM. 5 Palembang.

Ketika anda ingin kuliah di UNSRI, maka anda mesti mengenali jalur-jalur penerimaan mahasiswa gres yang dibuka oleh UNSRI.

Jalur-jalur penerimaan mahasiswa gres UNSRI berisikan Nasional yakni SNMPTN dan SBMPTN, serta jalur berdikari UNSRI yang dimengerti dengan nama USM UNSRI.

Setelah anda mengikuti seleksi lewat salah satu jalur tersebut dan pada di saat pengumuman anda dinyatakan lulus seleksi, maka selanjutnya anda diharuskan menjalankan pendaftaran ulang.

Pada di saat pendaftaran ulang, masih banyak tahapan yang mesti dilakukan. Salah satu tahapan pada di saat pendaftaran ulang yang mesti ditangani yakni mengisi formulir berupa data-data penghasilan orang bau tanah anda. Hal tersebut mempunyai kegunaan dalam penentuan besarnya ongkos kuliah yang mesti dibayar oleh anda selaku mahasiswa baru.

Sejak tahun 2013 lalu, UNSRI sudah menegaskan pembayaran ongkos kuliah menggunakan metode Uang Kuliah Tunggal (UKT). UKT UNSRI diberlakukan bagi semua jenjang Pendidikan di UNSRI yang berisikan jenjang Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana.

Besarnya ongkos UKT UNSRI dibedakan lewat jalur masuknya. Jika anda lulus seleksi masuk UNSRI lewat jalur nasional (SNMPTN atau SBMPTN), maka anda akan kuliah di Inderalaya dan ongkos UKT-nya akan lebih murah. Sedangkan kalau anda lulus seleksi masuk UNSRI lewat jalur USM, maka anda akan kuliah di kampus Palembang (namun tidak menutup kemungkinan tetap kuliah di Kampus UNSRI Inderalaya), dengan ongkos UKT lebih mahal. 

Selain itu, UKT dari setiap mahasiswa diputuskan menurut penghasilan orang bau tanah dari masing-masing mahasiswa tersebut. Informasi besarnya penghasilan orang diperoleh di saat mahasiswa yang bersangkutan menjalankan pendaftaran ulang sehabis dinyatakan lulus seleksi masuk UNSRI.

Maka dari itu, pada di saat menjalankan pendaftaran ulang, anda mesti mengisi data secara benar dan jujur alasannya akan berhubungan dengan penentuan besarnya UKT yang mesti dibayar.

Dengan adanya UKT ini, maka tidak ada lagi bayaran duit pangkal atau duit bangunan. Anda cukup mengeluarkan duit ongkos UKT alasannya di dalam UKT sudah meliputi biaya-biaya lainnya.

Biaya UKT dibayar satu kali setiap permulaan semester. Misalnya pada di saat semester 1, anda mengeluarkan duit UKT sebesar Rp. 2.400.000,- maka untuk semester selanjutnya UKT yang mesti dibayar juga sama yakni Rp. 2.400.000,-. Besarnya UKT tersebut berlaku hingga selesai kuliah.

Apabila anda merasa keberatan dengan ongkos UKT yang anda bayar tersebut, maka anda sanggup mengajukan penurunan UKT dengan mengikuti mekanisme yang sudah ditentukan. Informasi perihal mekanisme penurunan UKT sanggup anda tanyakan pribadi pada bab tata kelola keuangan UNSRI.

Bagi kandidat mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang bisa secara ekonomi, maka sanggup mengajukan pertolongan ongkos pendidikan yang dimengerti dengan nama Bidikmisi. Bidikmisi diajukan sejak permulaan di saat penerimaan mahasiswa baru.

Baca Selengkapnya : Biaya Kuliah Jalur Bidikmisi

Jika anda mendapat Bidikmisi, maka ongkos UKT anda berada pada klasifikasi rendah. Pada kenyataannya, ongkos UKT tersebut sudah ditanggung oleh Pemerintah sehingga anda dapat kuliah secara gratis serta anda akan mendapat duit saku setiap bulannya.

A. UKT UNSRI Jenjang Diploma dan Sarjana Jalur SNMPTN dan SBMPTN

Perlu dikenali bahwa UKT UNSRI untuk jenjang Diploma dan Sarjana yang lulus seleksi lewat jalur SNMPTN dan SBMPTN dibedakan menjadi 8 (delapan) kelompok, Berikut penjelasannya.

1. UKT UNSRI Kelompok I

UKT golongan I diperuntukkan bagi mahasiswa dari keluarga kurang bisa yang mendapat pertolongan Bidikmisi dari Pemerintah. UKT yang mesti dibayar yakni Rp. 500.000,00 per semester. Biaya UKT golongan I ini ditanggung oleh Pemerintah selama masa studi normal.

2. UKT UNSRI Kelompok II

UKT golongan II didedikasikan bagi mahasiwa dari keluarga yang lebih bisa dibanding mahasiswa dari golongan UKT golongan I. Atau bisa saja UKT golongan II juga yakni untuk kandidat mahasiswa dari keluarga tidak dapat tetapi tidak lulus seleksi Bidikmisi, maka tetap bisa kuliah di UNSRI dengan mengeluarkan duit UKT golongan II.

UKT pada golongan II ini sama untuk semua jadwal studi di UNSRI yang besarnya Rp, 1.000.000,00 per semester untuk tiap mahasiswa.

3. UKT UNSRI Kelompok III

UKT golongan III beraneka ragam mulai dari Rp. 1.250.000,00 per semester hingga Rp. 4.450.000,00 per semester. Variasi ongkos UKT tersebut di pengaruhi oleh opsi jadwal studi yang anda pilih.

UKT terendah pada golongan ini ada pada jadwal studi Biologi, Fisika, Ilmu Kelautan, Kimia, dan Matematika. Sedangkan UKT termahal pada golongan ini ada pada jadwal studi Pendidikan Dokter. Untuk UKT jadwal studi yang lain ada di antara itu.


4. UKT UNSRI Kelompok IV

Seperti UKT golongan III, UKT Kelompok IV juga beraneka ragam yakni mulai dari Rp. 1.500.000,00 per semester hingga Rp. 8.025.000,00

UKT Rp. 1.500.000,00 tersebut yakni UKT terendah pada golongan III yang ada pada jadwal studi Biologi, Fisika, Ilmu Kelautan, Kimia, dan Matematika. Sedangkan UKT Rp. 8.025.000,00 yakni UKT termahal yang ada pada jadwal studi Pendidikan Dokter. Untuk UKT pada jadwal studi yang lain ada di antara itu.

5. UKT UNSRI Kelompok V

UKT UNSRI Kelompok V berkisar dari Rp. 1.750.000,00 per semester hingga Rp. 10.000.000,00. 

UKT terendah tersebut ada pada jadwal studi Biologi, Fisika, Ilmu Kelautan, Kimia, dan Matematika. UKT yang besarnya Rp. 10.000.000,00 tersebut yakni UKT jadwal studi Pendidikan Dokter yang ialah UKT termahal. Untuk UKT jadwal studi yang lain ada di antara itu.

6. UKT UNSRI Kelompok VI

UKT UNSRI Kelompok VI dimulai dari Rp. 2.000.000,00 per semester hingga Rp. 11.900.000,00. 

UKT paling murah pada golongan VI yakni pada jadwal studi Biologi, Fisika, Ilmu Kelautan, Kimia, dan Matematika. Sedangkan UKT termahal di golongan VI ini dipegang oleh jadwal studi Pendidikan Dokter. UKT jadwal studi yang lain berada di antara itu.

7. UKT UNSRI Kelompok VII

UKT UNSRI Kelompok VII ini juga beraneka ragam yakni mulai dari Rp. 2.100.000,00 per semester hingga Rp. 15.950.000,00. 

UKT terendah pada golongan VII ada pada jadwal studi Biologi, Fisika, Ilmu Kelautan, Kimia, dan Matematika. Tak salah lagi bahwa UKT termahal pada golongan ini yakni UKT jadwal studi Pendidikan Dokter. UKT jadwal studi yang lain ada di antara itu.


8. UKT UNSRI Kelompok VIII

UKT UNSRI Kelompok VIII dimulai dari Rp. 2.200.000,00 hingga Rp. 20.000.000,00. 

UKT termurah pada golongan VIII ada pada jadwal studi : Biologi, Fisika, Ilmu Kelautan, Kimia, dan Matematika. Sedangkan UKT termahalnya ada pada Program Studi Pendidikan Dokter. Variasi UKT jadwal studi yang lain ada di antara itu.

B. UKT UNSRI Jenjang Diploma dan Sarjana Jalur USM

USM atau Ujian Saringan Masuk yakni jalur berdikari tes tertulis masuk ke UNSRI yang ialah jalur terakhir yang dibuka untuk memilih calom mahasiswa baru.

Biaya UKT per semester yang mesti dibayar oleh tiap mahasiswa secara lazim lebih besar dari pada mahasiswa yang lulus lewat jalur SNMPTN atau SBMPTN.

1. Biaya UKT Kelompok Saintek dari SLTA ke S1

Biaya UKT termurah pada golongan ini ada pada jadwal studi : Biologi, Fisika, Ilmu Kelautan, Kimia, dan Matematika yang besarnya yakni Rp. 2.250.000,00

Sedangkan UKT termahal pada golongan ini ada pada jadwal studi Pendidikan Dokter (WNI) yang terbagi ke dalam beberapa jenis yakni :   BOP : Rp. 200.000.000 (dibayar sekali pada di saat masuk), Preklinik : Rp. 30.000.000 / semester, dan Klinik : Rp. 45.000.000 / semester. Untuk jadwal studi pendidikan dokter (WNA) ditetapkan dengan Keputusan Rektor.

Sedangkan untuk UKT mahal lainnya selain dari jadwal studi pendidikan dokter yakni UKT dari jadwal studi yang ada di Fakutas Teknik yang meraih Rp. 9.120.000,00.

Untuk UKT jadwal studi lainnya ada di bawah dari Fakutas Teknik.

2. Biaya UKT Kelompok Soshum dari SLTA ke S1

UKT termahal pada golongan ini dipegang oleh jadwal studi Ilmu Hukum yakni Rp. 7.800.000,00. Sedangkan UKT terendah pada golongan ini ada pada jadwal studi yang ada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yakni Rp. 5.520.000,00. Untuk UKT jadwal studi yang lain ada di antara itu.


3. Biaya UKT Kelompok Saintek dari Diploma ke S1

UKT termahal pada golongan ini ada pada jadwal studi ilmu keparawatan yakni Rp. 9.900.000,00. Sedangkan UKT terendah ada pada jadwal studi ilmu kesehatan penduduk yakni Rp. 6.500.000,00. Untuk UKT jadwal studi yang lain ada di antara itu.

4. Biaya UKT Kelompok Soshum dari Diploma ke S1

Hanya ada jadwal studi Manajemen dan Akuntansi yang ada pada golongan ini, UKT nya yakni Rp. 7.500.000,00

5. Biaya UKT Kelompok Saintek dari SLTA ke Diploma

Hanya ada jadwal studi Teknik Komputer, Manajeman Informatika, Teknik Komputer Jaringan yang ada pada golongan ini. Biaya UKT nya yakni : Rp. 5.600.000,00


6. Biaya UKT Kelompok Soshum dari SLTA ke Diploma

Hanya ada 3 (tiga) jadwal studi tersebut pada golongan ini. UKT jadwal studi Akuntansi dan Kesekretariatan yakni Ro. 4.400.000,00, dan jadwal studi Komputerisasi Akuntansi Biaya UKT nya yakni : Rp. 5.600.000,00. 

Penting!!!

  • Untuk info yang lain yang anda perlukan silahkan lihat di situs web resmi UNSRI
  • Info ongkos kuliah ini diambil dari data tahun sebelumnya. Mungkin ongkos kuliah di sekarang ini sudah berubah. Jika demikian, setidaknya info ini dapat menjadi fikiran bagi kalian yang ingin kuliah di UNSRI
  • Jika ada pergeseran atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di situs web resmi UNSRI
Lihat juga :  Telah Dibuka Registrasi Kandidat Perwira Tentara Karir Tni Tahun 2021

Anda juga bisa membaca postingan yang lain :

Demikianlah info yang sanggup admin sampaikan wacana Biaya Kuliah UNSRI (Universitas Sriwijaya). Semoga info tersebut berfaedah dan memberi pencerahan buat anda utamanya yang ingin kuliah di UNSRI.

Admin mengucapkan terima kasih terhadap hadirin setia web biayakuliah.web.id yang saban hari senantiasa berkunjung untuk membaca info yang ada. Sekian info dari admin dan salam sukses

Ayo turut membuatkan info ini pada kawan yang lain yang memerlukan mudah-mudahan mereka juga bisa mendapat info dengan segera dan tepat, dan senangi juga halaman web kami.


Info Update CPNS 2022/2023 cek di https://www.sscnbkn.win/