Pinjaman online terbaik mesti menyanggupi beberapa karakteristik khusus selaku ciri khas perusahaan fintech yang terpercaya.

Pinjaman online alias pinjol terpercaya merupakan penyelesaian bagi kau yang memerlukan santunan dana tunai cepat.


Info Update CPNS 2022/2023 cek di https://www.sscnbkn.win/

Cara pendaftaran pinjol yang gampang dan pencairannya yang cepat, menciptakan layanan keuangan ini menjadi andalan masyarakat.

Namun, perlu dikenang bahwa untuk mendapat pinjaman online terbaik yang tepat dengan kebutuhanmu, tentukan perusahaan fintech pilihanmu tersebut berbincang bunga pinjaman yang lebih rendah.

Pastikan juga mereka sudah terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar kau terhindar dari penipuan oleh perusahaan ilegal.

Buat kau yang sedang mencari-cari layanan peminjaman uang, ada baiknya untuk mengerti dahulu pemahaman pinjaman online dan rekomendasinya, tergolong bagaimana cara menyingkir dari pinjol ilegal.

Pengertian Pinjaman Online

Pinjaman online merupakan kepraktisan pinjaman duit oleh penyedia jasa keuangan yang mempergunakan teknologi dalam mekanisme pengajuannya.

Melalui pinjol terpercaya, penduduk yang butuh dana cepat, gak perlu lagi mendatangi bank. Seluruh tolok ukur dan mekanisme dilaksanakan tanpa mesti bertatap muka.

Gak cuma itu, tolok ukur mengajukan pinjaman online juga mudah, bahkan gak perlu jaminan.

Cukup mengakses situs web atau mendownload aplikasi pinjol terpercaya, kau sudah bisa mendapat pinjaman cepat dalam waktu 24 jam dari mana saja dan kapan saja. Menarik, bukan?

Adapun penyedia pinjol merupakan perusahaan financial technology alias fintech.

Pemohon kredit sanggup mengantarkan syarat pinjaman online lewat email. Bahkan, wawancara kelayakan kredit dilaksanakan lewat sambungan telepon.

15 Pinjaman Online Terbaik & Terdaftar OJK

Lantaran pinjaman online ini memang sungguh rentan terhadap penipuan, oleh alasannya merupakan itu di saat akan mengambil pinjaman, hal pertama yang mesti kau lihat merupakan apakah penyedia pinjaman tersebut terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau tidak.

Hingga April 2021, ada 46 perusahaan fintech yang sudah berizin resmi dari total 146 perusahaan fintech lending dan peer to peer lending yang terdaftar di OJK.
Nah kalau kau pengin mengajukan pinjaman kilat lewat pinjol, jangan lupa lindungi keuanganmu dahulu dengan asuransi jiwa agar kau bisa kondusif dari kredit macet andai kau kehilangan sumber penghasilan tetap.
Baiklah, berikut ini daftar pinjaman online terbaik yang terdaftar OJK.

1. Kredit Pintar

Kredit Pintar merupakan penyedia layanan pinjaman online pribadi cair dan 24 jam berbasis aplikasi, dan sanggup menjadi alternatif penyelesaian di saat memerlukan dan darurat.

Soal keamanannya, aplikasi Kredit Pintar kondusif alasannya merupakan proses verifikasi ganda biar dana pinjaman kau tetap terhindar dari penipuan.Untuk mengajukan pinjaman, kau cuma perlu mengunduh aplikasi Kredit Pintar di Play Store kemudian ikut syarat dan ketentuannya. Syarat pengajuan pinjaman online di Kredit Pintar cukup dengan dua tanda pengenal, umpamanya KTP dan NPWP, dan dibarengi dokumen resmi lain.

Ini fitur yang dipersiapkan Kredit Pintar.

2. CashWagon

CashWagon merupakan pinjaman online pribadi lewat aplikasi dengan mekanisme sederhana dan cepat yang dapat diajukan kapan dan di mana saja.
Terkait keamanan, CashWagon mempergunakan kecerdasan produksi alias AI (Artificial Intelligence), Machine Learning, dan Big Data yang dapat mendeteksi denah kejahatan penipuan dan mendapatkan aplikasi mencurigakan yang dilaksanakan sindikat untuk menipu.
Untuk mengajukan pinjaman, kau cuma perlu mengunduh aplikasi Cashwagon di Play Store kemudian ikut syarat dan ketentuannya. Syarat pengajuan cukup dua tanda pengenal umpamanya KTP dan NPWP atau dokumen resmi lain.

Beberapa fitur yang dipersiapkan CashWagon.

3. DanaBijak

Produk yang dipersiapkan oleh DanaBijak merupakan Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang berada di bawah tata kelola PT. Digital Micro Indonesia yang berkantor sentra di Jakarta. DanaBijak juga sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Peminjam yang bagus diberikan poin untuk bisa naik level. Semakin tinggi level, akan kian tinggi plafon pinjaman dan kian rendah suku bunganya.

Untuk mengajukan peminjaman duit di DanaBijak, kau mesti mempersiapkan file E-KTP yang sudah dipindai (scan), rekening simpanan 3 bulan terakhir, dan foto diri untuk diunggah selaku aksesori pendaftaran Danabijak. Selain itu, kau mesti memiliki pendapatan minimal Rp2,5 juta per bulan.

Beberapa fitur dari DanaBijak.

4. Dompet Kilat

Pinjaman tunai instan yang lain merupakan Dompet Kilat. Kelebihan Yang dimiliki Dompet Kilat dibanding pinjaman online dan KTA yang lain yakni banyaknya opsi jenis pendanaan yang kau butuhkan.

Mulai dari santunan pelunasan hutang, kredit motor, modal wirausaha, ongkos pengobatan, ongkos renovasi rumah, ongkos pendidikan, ongkos hidup hingga ongkos pernikahan.

Buat kau yang berusia minimal 18 tahun, punya KTP dan memberi bukti penghasilan bisa mengajukan pinjaman di perusahaan fintech ini dengan mengunduhnya di ponsel cerdas kamu.

Berikut beberapa fitur dari Dompet Kilat.

5. Uang Teman

Pinjaman online terbaik selanjutnya merupakan Uangteman. Ada tiga produk pinjaman UangTeman yang dapat kau pilih yakni Sekali Bayar, Cicilan, dan Cicilan Ringan. Masing-masing produk berbincang plafon, tenor, dan bunga yang berbeda.

Di UangTeman kau bisa mengajukan pinjaman kapan dengan download aplikasinya, isi formulir, kemudian tanda tangan secara elektronik, dan tunggu hingga status pendaftaran disetujui.

Ini beberapa fitur yang dipersiapkan UangTeman.

6. MauCash

Pinjaman online terbaik dan terdaftar di OJK selanjutnya merupakan MauCash. MauCash merupakan produk dari Astra dan WeLab yang terdaftar dan diawasi oleh OJK sehingga data kau dijamin aman.

Kalau kau ingin mengajukan pinjaman di MauCash, kau cuma perlu mengunduh aplikasi MauCash di Play Store kemudian isi data diri dan lengkapi dokumen yang diperlukan.

Jika aplikasi pengajuan pinjaman sudah disetujui pencairan akan pribadi masuk ke rekeningmu.

Berikut beberapa fitur dari MauCash.

7. PinjamanGo

PinjamanGo merupakan produk layanan pinjam berbasis teknologi finansial (fintech) dari Sinar Mas yang mempertemukan peminjam dan pemberi pinjaman dalam suatu platform online serta berbincang layanan keuangan yang sanggup dirasakan oleh semua pengguna.

Semua proses pinjam meminjam duit dilaksanakan secara digital sehingga sanggup meminimalisir waktu serta menciptakan ongkos yang terjangkau untuk semua pengguna.

Fitur yang dipersiapkan PinjamanGo selaku berikut.

PinjamanGo tergolong pinjaman online terbaik yang cepat cair alasannya merupakan proses pencairannya cuma butuh satu hari saja, jadi kau bisa menginginkan sanggup respon jauh lebih cepat.

8. Julo

Pinjaman duit cepat dan kondusif selanjutnya merupakan Julo berbasis aplikasi smartphone. Di tengah kompetisi bisnis yang ada, hingga di sekarang ini Julo menjadi salah satu pinjaman online bunga rendah.

Kemudian, seleksi risiko kredit dengan memakai teknologi big data, machine learning & algoritma canggih untuk menguji kelayakan kredit kamu.
Cara mengajukan peminjaman duit di Julo cuma mendownload aplikasi kami di Google Play Store, Install dan isi data pribadi hingga mendapat JULO Poin.
Fitur Julo:

Keunggulan dari Julo selaku salah satu fintech pinjaman online terbaik merupakan kepraktisan pinjaman duit yang dapat dicicil dengan bunga 0% untuk bulan pertama. Makara pengenaan bunga cicilan gres akan diberlakukan pada bulan kedua dan seterusnya..

9. Indodana

Selanjutnya Indodana yang merupakan aplikasi pinjaman tanpa kartu kredit. Menariknya, di Indodana kau akan mendapat banyak sekali reward menawan mulai dari pulsa gratis atau voucher belanja kalau kau bisa mengeluarkan duit cicilannya sempurna waktu.

Persyaratan untuk pinjam duit pribadi lewat aplikasi ini kurang lebih sama menyerupai KTA atau pinjaman online kebanyakan yakni cuma butuh ponsel pintar, KTP, NPWP, dan sosial media.

Fitur Indodana hingga yang dipersiapkan terhadap kandidat debitur.

10. Finmas

Finmas masuk daftar pinjaman online cepat cair alasannya merupakan memang proses pencairannya cuma berdurasi optimal 24 jam saja. Selain unggul dalam kecepatan, Finmas juga unggul dalam kepraktisan syarat peminjaman.

Langkah mengajukan pinjaman di Finmas merupakan olok-olokan pinjaman dan verifikasi KTP. selesai. Dana yang kau olok-olokan akan pribadi cair ke rekening kamu.
Fitur Finmas yang dipersiapkan selaku berikut.

11. Pohon Dana

Pohon Dana merupakan FinTech dengan layanan P2P Lending yang mempertemukan pemberi pinjaman dan peserta pinjaman lewat online yang menawarkan kanal pinjaman tanpa agunan.

Proses pinjaman Pohon Dana gampang dan cepat alasannya merupakan memberlakukan proses verifikasi hingga credit scoring dengan teknologi artificial intelligence untuk proses kualifikasi dan analisis kredit macet.

Pohon Dana memiliki empat produk pinjaman dana, yakni pinjaman karyawan, pinjaman kesehatan (kerja sama dengan RS Mayapada), pinjaman pendidikan dan pinjaman permodalan UKM.

Berikut beberapa fitur Pohon Dana.

12. Danamas

Kalau kau butuh pinjaman dana cepat untuk modal jerih payah produktif yang mau dikembangkan, kau bisa mengajukan pinjaman di Danamas. Danamas merupakan fintech P2P Lending di bawah naungan Sinarmas Financial Service yang konsentrasi berbincang santunan modal jerih payah mikro.

Persyaratan mengajukan peminjaman duit online Danamas merupakan berusia minimal 21 tahun dan wajib memiliki rekening di Bank Sinarmas. Kalau kau menyanggupi syarat, kau bisa mengajukan pinjaman dengan mendownload aplikasi Danamas di Play Store.

Beberapa fitur Danamas.

13. Rupiah Cepat

Pilihan pinjaman online terbaik selanjutnya merupakan Rupiah Cepat. Proses pinjaman duit online lewat aplikasi Rupiah Cepat dilaksanakan sepenuhnya lewat perangkat ponsel. Data pribadi dijamin kondusif dan privasi juga tersadar alasannya merupakan teknologi A.I dan Big Data. Di Rupiah Cepat, kau bisa membangun riwayat skor kredit yang baik. Makin tinggi skor Anda, makin bermacam-macam opsi pinjaman yang dapat dinikmati.

Untuk mengajukan pinjaman cukup download aplikasi Rupiah Cepat dan olok-olokan pribadi lewat ponsel kamu.
Fitur Rupiah Cepat yang dipersiapkan terhadap kandidat debitur.

14. Alami

Kalau kau pengin mengajukan pinjaman online pribadi terbaik berbasis syariah, Alami bisa jadi pilihan. Alami merupakan perusahaan P2P terdaftar OJK yang berbasis Syariah, yang mempertemukan UKM dengan pemberi pembiayaan. Pinjaman di Alami Sharia berupa invoice financing atau anjak piutang.

Berdasarkan bukti tagihan invoice, ALAMI akan berbincang terhadap kandidat Pendana (funder) untuk berbincang pembiayaan dengan komitmen wakalah bil ujrah dibarengi dengan dana talangan dengan komitmen qardh.

Kalau kau butuh pinjaman untuk jerih payah yang gak berlawanan dengan agama Islam dan sudah berdiri minimal 1 tahun serta berlokasi di Jabodetabek, kau bisa mempergunakan pinjaman online Alami Sharia.

Beberapa fitur dari pinjaman Alami.

15. KoinWorks

Terakhir, pinjaman online terpercaya merupakan KoinWorks. Kalau kau cari pinjaman online bunga rendah, Koinworks jawabannya. Gak cuma itu, KoinWorks juga menolong kau mendapat dana tunai cepat untuk banyak sekali keperluan, mulai dari keperluan bisnis, keperluan pendidikan, dan juga keperluan pribadi (khusus untuk karyawan/pegawai).

Peminjaman duit tersebut sudah terjamin kondusif dikarenakan sudah lulus sertifikasi ISO. Proses pendaftarannya juga mudah, kau bisa melakukannya cuma bermodalkan ponsel terpelajar dari mana saja dan kapan saja. Ada tiga produk pinjaman online KoinWorks, yaitu:

Berikut beberapa fitur pinjaman dari KoinWorks.

Kelebihan dan risiko pinjaman online

Sebelum kau tentukan untuk mengajukan pinjaman online pribadi cair, lebih baik mengerti dahulu keistimewaan dan risikonya. Apa saja ya?

Kelebihan yang dapat ditemukan dari pinjaman online terbaik

Pinjaman online memberi kepraktisan bagi banyak orang untuk menolong kondisi keuangan mereka secara pribadi atau untuk bisnis. Berikut laba yang dapat didapat dari menegaskan pinjaman online terbaik:

1. Proses mengajukan pinjol yang terbilang mudah

Karena mempergunakan teknologi, proses pengajuan pinjaman online jauh lebih gampang kalau dibandingkan hutang bank yang mengharuskanmu untuk tiba ke cabang bank terdekat apalagi dahulu untuk mengajukan pinjaman.

Cukup unggulkan ponsel cerdas dan koneksi internet, maka pengajuan pinjaman online pribadi cair. Sebagian yang lain bahkan berbincang layanan pinjaman online pribadi cair dengan KTP saja.

Tentu kepraktisan ini membantumu lebih meminimalisir waktu dan tenaga alasannya merupakan proses pengajuannya bisa dilaksanakan dari mana saja dan kapan saja. Asalkan tolok ukur yang diajukan sudah lengkap, ya!

2. Syarat pinjaman online yang terbilang mudah

Kelebihan pinjaman online selanjutnya merupakan tolok ukur dokumen yang gak ribet alasannya merupakan intinya pinjaman tunai merupakan inti bisnis mereka. Rata-rata tolok ukur yang diberikan oleh penyedia pinjaman online pribadi cair adalah:

3. Gak perlu jaminan

Kenapa proses pencairan dananya bisa cepat? Hal ini dikarenakan tidak ada agunan yang diberikan sehingga gak perlu proses penaksiran aset apalagi dahulu. Ditambah lagi, semua data diberikan secara digital sehingga bisa pribadi secepatnya diproses.

Berbeda kalau kau mengajukan hutang bank di mana beberapa mewajibkan menjaminkan aset.

4. Pinjaman cair dengan cepat

Salah satu argumentasi utama beberapa orang mengajukan pinjaman online merupakan alasannya merupakan dana pinjaman bisa bisa cair dalam rentang waktu hitungan hari. Bahkan beberapa prospektif dalam waktu 24 jam!

Jadi di saat sedang dalam kondisi terdesak dan butuh dana mendadak, maka pinjaman online pribadi cair bisa pribadi kau manfaatkan.

5. Bisa digunakan untuk keperluan apa aja

Tidak menyerupai jenis pinjaman lainnya, menyerupai KPR (Kredit Pemilikan Rumah), yang cuma dikhususkan untuk berbelanja rumah, KKB (Kredit Kendaraan Bermotor) yang dikhususkan untuk berbelanja kendaraan bermotor, atau KUR (Kredit Usaha Rakyat) yang dikhususkan untuk modal usaha, pinjol bisa dipergunakan untuk keperluan apa saja.

Kamu bisa menggunakannya untuk renovasi rumah, ongkos pendidikan, ongkos berobat ke tempat tinggal sakit, hingga modal pernikahan.

Risiko pinjaman online

Nah terlepas dari gampangnya mendapat santunan dana tunai dari pinjol, kita juga perlu mengerti risiko di baliknya. Ini ia beberapa risiko pinjaman online.

1. Sistem bunga kredit lebih besar

Gak menyerupai bunga kredit tanpa agunan yang diberikan oleh bank yang menerapkan metode perkiraan bunga bulanan, pinjaman online tanpa jaminan ini memakai metode perkiraan bunga harian.

Memang kalau kita mengambil masa tenor yang singkat, maka bunganya gak akan terlalu berasa, tetapi kalau masa tenor yang diambil cukup lama, maka bunga yang dikenakan akan cukup berat.

Maka sebelum mengajukan peminjaman uang, apa pun instrumennya, ada baiknya kau melaksanakan perkiraan apalagi dahulu biar nantinya bisa mengenali perbedaan bunga yang mesti dibayar kalau mengambil masa tenor singkat atau panjang.

2. Plafon pinjaman tidak terlampau besar

Jumlah pinjaman online gak terlalu besar dibandingkan pinjaman di bank yang berbincang bisa berbincang plafon pinjaman hingga Rp500 juta.

Pasalnya, pinjaman online cuma bisa memberikanmu plafon pinjaman hingga Rp20 juta saja.

Jadi, pinjol ini cocok bagi kau yang butuh dana gak begitu besar tetapi butuh cepat.

3. Tenor gak terlalu lama

Plafon pinjaman yang gak terlalu besar juga memengaruhi masa tenor yang diberikan oleh perusahaan penyedia pinjaman online. Biasanya masa tenor yang dipersiapkan mulai dari hitungan 10 hari hingga 180 hari. Makara cuma sebentar ya.

Perlu diingat, kian usang masa tenor yang kau ambil, maka kian besar bunga cicilan yang mesti dibayarkan.

4. Gak semua pinjol terpercaya

Saat ini fintech pinjaman online sudah kian banyak. Sayangnya, di balik semua itu gak seluruhnya terpercaya dan memiliki dapat diandalkan tinggi. Jadi, pinjol ini sungguh berisiko kalau kau gak cermat.

Bahkan, gak jarang kita mendengar ada kendala penipuan berkedok pinjaman online.

Sebagai persiapan awal, kau bisa mengajukan pertanyaan terhadap saudara yang pernah mempergunakan layanan pinjaman tunai tanpa adanya masalah.

Waspadai ciri-ciri pinjaman online ilegal

Sebagian perusahaan fintech berbincang pinjaman online terbaik dengan tanpa mensyaratkan jaminan sehingga membuat lebih gampang kandidat debiturnya, tetapi kepraktisan ini patut diwaspadai juga ya.

Hal ini dikarenakan salah satu ciri-ciri perusahaan fintech abal-abal merupakan berbincang kepraktisan yang beragam.

Nah, buat kau yang masih awam tetapi bertujuan mengajukan pinjaman online pribadi, ada baiknya untuk memperhatikan ciri-ciri perusahaan pinjol ilegal. Pada umumnya, karakteristik mereka menyerupai berikut.

1. Mengharuskan nasabah mentransfer uang

Beberapa pinjol memang mensyaratkan potongan duit di awal. Namun, kalau pinjol terpercaya dan resmi biasanya duit tersebut diiris dari total pinjaman.

Uang tampang itu biasanya digunakan selaku administrasi, menyerupai ongkos materai, dan biasanya, jumlahnya pun tidak seberapa.

Nah, berlainan dengan pengajuan pinjol ilegal yang justru menerapkan duit tampang dengan nominal yang sungguh besar. Biasanya nomor rekening tujuan merupakan rekening pribadi bukan atas nama perusahaan.

Misalkan kau ingin meminjam duit sebesar Rp50 juta, tetapi diminta duit tampang sebesar Rp1 juta atau lebih dengan argumentasi biar dana yang mau dipinjam cepat cair. Hati-hati bisa-bisa duit Rp1 juta-mu raib.

2. Tidak memiliki alamat kantor dan call center yang jelas.

Ketika kau mendatangi situs pinjol yang resmi, tentu bisa dengan gampang mencari nomor kontak yang lengkap biar kandidat nasabah sanggup dengan gampang menghubungi pribadi pihak perusahaan.

Jika ada pun, identitas tersebut bisa saja palsu, menyerupai alamat kantor yang tidak jelas, nomor telepon memakai ponsel dan alamat email memakai alamat pribadi.

3. Tidak transparan

Transparansi merupakan salah satu syarat yang diberikan pemerintah, dalam hal ini, OJK, bagi fintech resmi.

Sementara itu, pinjol ilegal biasanya akan menutupi sebisa mungkin warta yang bermitra dengan perusahaan mereka. Bahkan gak ada kejelasan terkait bunga hingga biaya-biaya lain.

Malahan bunga, biaya, dan denda pinjaman online ilegal biasanya sungguh tinggi.

4. Meminta warta pribadi

Lembaga pinjol terpercaya dan legal biasanya cuma akan meminta warta seputar nama peminjam, nomor telepon yang aktif dan alamat email. Sekalipun meminta nomor rekening, cuma diperlukan untuk memeriksa riwayat kredit dan pencairan dana kandidat peminjam.

Jika suatu forum pinjol meminta warta pribadi di luar yang disebutkan tadi, menyerupai pin ATM, maka ada baiknya untuk diwaspadai dan jangan terlalu cepat untuk tentukan mengajukan peminjaman duit ke pihak semacam itu.

5. Persyaratan dan kontrak pinjaman terlalu mudah

Perusahaan fintech lending yang beroperasi sesuai dengan hukum yang berlaku akan memiliki metode dan seni tata kelola mitigasi risiko biar terdapat kepastian dari pembayaran setiap pinjaman.

Jika pengajuan pinjaman terlalu gampang disetujui, kau perlu curiga dan mencari tahu lebih banyak tentang perusahaan tersebut.

Masyarakat sanggup menyidik status dari perusahaan fintech P2P lending atau pinjaman online di situs resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Cara cek pinjaman online terbaik yang terdaftar di OJK

Untuk tahu apakah perusahaan pinjaman online terdaftar di OJK, kau bisa melaksanakan beberapa cara, di antaranya:

Kunjungi situs resmi OJK untuk mengenali kemajuan fintech modern di Indonesia. Setiap bulan biasanya OJK merilis daftar pinjaman online resmi.

Lihat di situs pinjaman online resmi, kalau mencantumkan logo OJK di bab bawah, maka ditentukan perusahaan itu resmi dan terdaftar.

Tanyakan lewat kontak OJK 157 atau lewat e-mail konsumen@ojk.go.id.

Itu tadi klarifikasi tentang pinjaman online terbaik dan terdaftar di OJK. Kehadiran pinjol memang bisa menolong dalam menangani permasalahan finansial yang terjadi di masyarakat.

Namun, kau mesti bijak dan jangan hingga lalai dalam mengajukan peminjaman duit online, ya. Alih-alih mendapat santunan pelunasan hutang, kau malah terlilit hutang gres alasannya merupakan dirugikan oleh pinjol ilegal.