CPNS BAKAMLA. Pengumuman CPNS Badan Keamanan Laut RI (BAKAMLA) – BAKAMLA ialah Lembaga Negara yang berperan dalam Melakukan patroli keamanan & keamanan di kawasan perairan Indonesia dan kawasan yurisdiksi Indonesia.

CPNS Bakamla 2021 ~ Setelah tahun lalu pendaftaran CPNS di berbagai formasi ditiadakan karena pandemi. Tahun ini, pendaftarannya CPNS akan segera dibuka serentak.

Meskipun belum diketahui kapan pastinya, namun menurut berita-berita dari media online, pendaftaran CPNS akan segera dibuka pada bulan April 2021.

Sedangkan, untuk pemberitahuan jumlah formasi apa saja yang akan dibuka pun juga masih simpang siur. Namun, menurut berita dari media-media online juga, jumlah formasi yang dibuka juga akan diumumkan pada bulan Maret 2021.


Info Update CPNS 2021 cek di https://www.sscnbkn.win/

Salah satu formasi yang akan dibuka pendaftarannya adalah CPNS Bakamla 2021. Bakamla sendiri memiliki singkatan yaitu Badan Keamanan Laut Republik Indonesia, yang berarti akan lebih berfokus kepada wilayah kemaritiman negara.

Formasi Dari Tahun Ke Tahun

Untuk formasi dari tahun ke tahun. Tanpa menghitung yang tahun lalu, jumlah formasi yang dibutuhkan oleh Bakamla sendiri semakin meningkat. Pada tahun 2018, jumlah formasi yang dibutuhkan sebesar 95 formasi. Sedangkan, pada tahun 2019, jumlah formasi yang dibutuhkan sebesar 171 formasi.

Di tahun 2019, ada dua jenis formasi yang dibuka meliputi formasi umum dan formasi khusus. Dimana untuk formasi khusus sendiri biasanya diisi oleh lulusan-lulusan cumlaude, diaspora, dan disabilitas pada Instansi Pusat dan juga Daerah. Sedangkan untuk formasi umum, pelamar yang biasanya mendaftar di formasi ini adalah pelamar umum.

Persyaratannya sendiri juga tidak terlalu sulit. Pada umumnya, persyaratannya meliputi:

– Scan KTP Asli
– Foto Diri
– Swafoto atau Selfie
– Ijazah pendidikan terakhir
– Transkrip Nilai Asli
– Dokumen pendukung lainnya yang dipersyaratkan instansi

Untuk dokumen pendukung lainnya, setiap instansi sendiri memiliki persyaratan yang berbeda-beda.

Namun, untuk formasi di Bakamla, dokumen pendukungnya biasanya adalah:

– Sertifikat tambahan sesuai dengan kualifikasi pendidikan jabatan yang dilamar
– Surat BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi), biasanya surat ini menunjukkan bahwa pelamar merupakan lulusan dari perguruan tinggi ternama dengan predikat A atau Unggul.
– Melampirkan surat keterangan dokter, bagi penyandang disabilitas
– Surat pernyataan bermaterai 6.000, biasanya surat ini berisikan pernyataan bahwa informasi pribadi yang pelamar isi di formulir adalah benar dan tidak dipalsukan sama sekali.

Sedangkan untuk penempatan sendiri, pastinya akan ditempatkan di lingkungan Bakamla, hanya saja lokasinya akan berbeda-beda. Pada tahun 2018, alokasi penempatannya terdapat 33 tempat tersebar di seluruh Indonesia.

Untuk tahapan seleksinya, biasanya akan ada 4 tahapan. Yaitu:

– Seleksi administrasi
– Seleksi Kompetensi Dasar (40%), yang meliputi tes Wawasan Kebangsaan, tes Intelegensi Umum, dan juga Tes Karakter Pribadi
– Seleksi Kompetensi Bidang (60%)

Minimal, anda harus bisa renang dengan meliputi kecepatan dan jarak tempuh dengan bobot 50%, untuk Pria 50m, dan wanita 25m.

Ada kemungkinan besar jika Bakamla membuka lowongan CPNS, jumlah formasi tahun 2021 akan mengalami peningkatan juga. Walaupun jumlah pastinya masih simpang siur, persiapkan diri saja bila memang pendaftaran CPNS Bakamla 2021 telah dibuka.

Dan persyaratannya untuk lulusan pun juga tidak terlalu memberatkan. Untuk yang lulusan SMA/K atau MA pun juga bisa ikut mendaftar di website resmi Bakamla.
Untuk websitenya sendiri, Situs Bakamla bisa di akses di bakamla.go.id. Dimana situs ini cukup up-to-date untuk menyajikan informasi-informasi terkini seputar bakamla.

Juga, situs ini pasti akan membuat pengumuman apabila ingin membuka lowongan CPNS, lengkap dengan persyaratannya.

Jika anda ingin mendaftarkan diri, ikuti saja perkembangan lewat situs resminya di Bakamla.go.id

Pengumuman Pembukaan Penerimaan CPNS Badan Keamanan Laut (BAKAMLA)

 BAKAMLA ialah Lembaga Negara yang berperan dalam Melakukan patroli keamanan  Pengumuman CPNS Badan Keamanan Laut (BAKAMLA) 2021Pengumuman Kepastian dibukanya penerimaan CPNS untuk instansi Badan Keamanan Laut (BAKAMLA) akan diumumkan setelah pengumuman kepastaian penerimaan CPNS secara Nasional dibuka oleh BKN.

Pengumuman Pembukaan Penerimaan CPNS Badan Keamanan Laut (BAKAMLA) akan diumumkan lewat situs web resmi penerimaan CPNS Badan Keamanan Laut (BAKAMLA).

Pengumuman Formasi CPNS Badan Keamanan Laut (BAKAMLA)

Formasi CPNS Badan Keamanan Laut (BAKAMLA) diumumkan sesuai dengan agenda pengumuman Formasi CPNS untuk semua instansi baik sentra maupun tempat oleh Badan Kepagawaian Negara (BKN).

Pengumuman Jumlah kuota Formasi CPNS BAKAMLA akan diumumkan lewat situs web resmi penerimaan CPNS Badan Keamanan Laut (BAKAMLA) dan web SSCN BKN. * Cek pengumuman

Pengumuman Badan Keamanan Laut (BAKAMLA)

Pengumuman Badan Keamanan Laut (BAKAMLA) berisi pengumuman wacana jadwal pendaftaran, syarat dan metode pendaftaran, agenda pengumuman hasil seleksi Administrasi.

Pengumuman ini akan diumumkan sesuai dengan agenda registrasi CPNS untuk semua instansi baik sentra maupun tempat oleh BKN selaku ketua PANSELNAS penerimaan CPNS.

Pengumuman Badan Keamanan Laut (BAKAMLA) diumumkan lewat situs web resmi penerimaan CPNS Badan Keamanan Laut (BAKAMLA).

Badan Keamanan Laut (BAKAMLA) akan dijalankan secara oline.

CPNS BAKAMLA TAHUN 2021 DIBUKA, BERIKUT SYARAT DAN CARA PENDAFTARANNYA

Badan Keamanan Laut atau disingkat BAKAMLA merupakan salah satu formasi yang akan dibuka pada pendaftaran CPNS Tahun 2021 mendatang. Bakamla mungkin jarang terdengar bagi kita di masyarakat umum yang awam akan dunia perlautan, jadi sebenarnya apa tugas dari Bakamla sendiri?

Sesuai dengan namanya, Bakamla bertugas untuk menjaga dan mengawasi sumber daya yang ada di wilayah perairan Indonesia, seperti mencegah adanya pencurian atau pengrusakan terhadap ekosistem yang disebabkan oleh oknum – oknum yang tidak bertanggung jawab.

Bagaimana, apakah Anda sudah tertarik untuk mendaftar menjadi salah satu anggota Bakamla? Lalu bagaimana caranya dan persyaratan apa saja yang dibutuhkan?

1. Pertama, buka website resmi pendaftaran CPNS yaitu https://sscn.bkn.go.id/

Disini semua informasi terkait CPNS akan diumumkan, jadi pastikan Anda selalu update informasi Anda disini.

2. Kedua, membuat akun di website https://sscn.bkn.go.id/

Akses di menu registrasi website tersebut. Akun ini dibutuhkan ketika melakukan tahapan seleksi nantinya. Anda perlu mempersiapkan NIK dan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga.

3. Ketiga, silahkan Anda masuk (log in) ke akun

Log in menggunakan akun yang telah Anda buat menggunakan NIK dan password.

4. Keempat, lengkapi biodata diri

Silahkan melengkapi biodata diri Anda seperti mengunggah foto KTP serta memilih formasi dan jabatan yang Anda inginkan (hanya boleh memilih satu jabatan dalam satu formasi saja setiap pendaftaran).

5. Kelima, cetak kartu pendaftaran Anda

Kartu ini berisi biodata diri yang telah Anda isikan di formulir sebelumnya.

6. Keenam, tunggu hasil pengumuman seleksi administrasi

Ini adalah seleksi tahap awal apakah dokumen – dokumen Anda sudah sesuai kualifikasi atau belum.

7. Ketujuh, akan ada pengumuman jadwal pelaksanaan tes seleksi CPNS
Anda akan diberi tahu mengenai timeline pengerjaan tes seleksi.

Dalam Bakamla sendiri ada beberapa tes yang perlu dilakukan, antara lain:

a. Seleksi Kompetensi Dasar (bobot 60%) yang terdiri dari TWK (Tes Wawasan Kebangsaan), TIU (Tes Intelegensi Umun), dan TKP (Tes Karakteristik Pribadi).

b. Seleksi Kompetensi Bidang(bobot 40%) yang terdiri dari Tes Ketrampilan, Tes Kesehatan, dan Tes Wawancara.

8. Kedelapan, Anda tinggal menunggu hasil pengumuman tes seleksi

Setelah mengetahui hasil pengumuman tes, Anda bisa melakukan registrasi ulang dan mendapatkan NIP Anda.

Dokumen Persyaratan CPNS Bakamla, Anda perlu menyiapkan beberapa kelengkapan dokumen sebagai berikut :

1. Pas foto dengan ukuran 3 x 4 dengan latar belakang berwarna merah
2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
3. Kartu Keluarga (KK)
4. Ijazah dan Transkrip nilai yang sesuai dengan persyaratan pendidikan formasi yang didaftar
5. Surat Keterangan Lulus tidak dapat diterima sebagai pengganti ijazah
6. Sertifikat pendukung (apabila ada)
7. Surat Pernyataan disertai materai 6000
8. Khusus untung penyandang disabilitas, juga harus melampirkan surat keterangan dokter yang menjelaskan jenis/tingkat disabilitas pendaftar.

Adapun beberapa persyaratan lain untuk mendaftar CPNS Bakamla antara lain :

1. Warga Negara Indonesia (WNI), bertaqwa kepada Tuhan YME, menganut Pancasila, UUD 1945, dan NKRI
2. Usia ketika mendaftar minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun
3. Tidak pernah dikenai jatuhan hukuman pengadilan dan dipenjara karena tindak pidana selama 2 tahun atau lebih
4. Tidak sedang mencalonkan diri sebagai anggota prajurit TNI, anggota Polri, ataupun sekolah kedinasan
5. Tidak menjadi anggota partai politik
6. Tidak memiliki ketergantungan terhadap Narkotika dan obat – obatan yang lain (disertai surat bebas narkoba dari Rumah Sakit pemerintah)
7. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI
8. Tidak pernah bertatto / pernah ditindik kecuali di telinga karena adanya adat / ketentuan agama
9. Lulusan S1 dan D3 dengan IPK minimal 2.75 dari Perguruan Tinggi terakreditasi
10. Lulusan SMA/SMK/Sederajat dengan nilai rata – rata raport minimal 7.00 atau 3 (dari skala 1-4). Kecuali Putra putri Papua dan Papua Barat nilai rata – rata raport minimal 6.00 atau 2 (dari skala 1-4)

Siapakah yang bisa mendaftar menjadi CPNS Bakamla? Anda yang lulus SMA/SMK/Sederajat, D1, D2, D3, S1, S2 adalah kandidat yang diperbolehkan mendaftar menjadi bagian formasi dalam Bakamla.

Belum diketahui secara pasti formasi CPNS Bakamla di tahun 2021 ini, semoga nantinya formasi akan segera diupdate melalui website resmi Bakamla di https://bakamla.go.id/

Sekian artikel kali ini, semoga dapat menambah informasi untuk Anda yang ingin mendaftar sebagai bagian dari Bakamla.

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS BAKAMLA

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS BAKAMLA. Pengumuman hasil seleksi Administrasi akan mencantumkan nama nama pendaftar yang dianggap menyanggupi syarat secara tata kelola untuk mengikuti penerimaan CPNS BAKAMLA dan akan mengikuti tahapan berikutnya adalah Seleksi persaingan Dasar (SKD).

Pengumuman Hasil Sanggahan Pelamar CPNS BAKAMLA

Pengumuman Hasil Sanggahan Pelamar CPNS BAKAMLA. Pengumuman Hasil Sanggahan Pelamar CPNS BAKAMLA akan mencantumkan nama nama pendaftar yang dianggap menyanggupi syarat atau yang sudah diverifikasi ulang untuk mengikuti penerimaan CPNS BAKAMLA dan akan mengikuti tahapan berikutnya adalah Seleksi persaingan Dasar (SKD).

Pengumuman Registrasi dan Jadwal SKD CPNS BAKAMLA

Pengumuman Registrasi dan Jadwal SKD CPNS BAKAMLA. Pengumuman Registrasi dan Jadwal SKD CPNS BAKAMLA berisi wacana isu agenda pelaksanaan SKD, tempat pelaksanaan SKD, antisipasi syarat dan metode mengikuti SKD. Pengumuman ini lazimnya akan diikuti dengan isu wacana Jadwal Pengumuman Hasil Seleksi Kompetisi Dasar (SKD) CPNS BAKAMLA.

Pengumuman Hasil SKD CPNS BAKAMLA

Pengumuman hasil SKD CPNS BAKAMLA. Pengumuman Hasil SKD CPNS BAKAMLA berisi wacana Nilai SKD dari semua Peserta dan Peserta yang dinyatakan lulus untuk mengikuti tahapan seleksi berikutnnya adalah Seleksi persaingan Bidang (SKB). Pada pengumuman ini lazimnya diikuti dengan Informasi agenda pelaksanaan Seleksi persaingan Bidang (SKB) CPNS BAKAMLA. 

Pengumuman Jadwal SKB CPNS BAKAMLA

Pengumuman Jadwal SKB CPNS BAKAMLA. Pengumuman Jadwal SKB CPNS BAKAMLA berisi wacana isu agenda pelaksanaan SKB, tempat pelaksanaan SKB, antisipasi syarat dan metode mengikuti SKB. Pengumuman ini lazimnya akan diikuti dengan isu wacana Jadwal Pengumuman Hasil Seleksi Kompetisi Bidang(SKB) CPNS BAKAMLA dan isu wacana prosesi selanjutnya. 

Pengumuman Hasil SKB CPNS BAKAMLA

Pengumuman hasil SKB CPNS BAKAMLA. Pengumuman Hasil SKB CPNS BAKAMLA berisi wacana nama nama peserta yang dinyatakan lulus seleksi dan akan mengikuti tahapan berikutnnya.

Pengumuman Kelulusan CPNS Badan Keamanan Laut (BAKAMLA)

Pelaksanaan Pengumuman Kelulusan CPNS Badan Keamanan Laut (BAKAMLA) disampaikan lewat web resmi Badan Keamanan Laut (BAKAMLA) dan web SSCN BKN.

Cek Pengumuman CPNS Badan Keamanan Laut (BAKAMLA)

Pengumuman CPNS BAKAMLA diumumkan lewat web resmi penerimaan CPNS BAKAMLA. Preview :

Atau eksklusif ke : CPNS BAKAMLA

Pengumuman CPNS BAKAMLA juga akan diumumkan lewat web resmi penerimaan CPNS secara Nasional : SSCN BKN

Untuk sementara, Itulah Informasi Pengumuman CPNS Badan Keamanan Laut (BAKAMLA) yang dapat saya share pada goresan pena kali ini di blog wacana Informasi CPNS dan Lowongan Kerja ini. Informasi ini akan saya update setelah ada pertumbuhan selanjutnya. Semoga bermanfaat

Info Pengumuman Penerimaan Pendaftaran Lowongan Kerja CPNS Online.