pendaftaranmahasiswa.web.id–2020/2021–Pada postingan ini akan diberikan isu penting seputar Sekolah Ikatan Dinas, utamanya isu wacana persyaratan masuk di sekolah Ikatan Dinas atau Kedinasan.
Hal pertama yang mesti kita rencanakan untuk mendaftar menjadi kandidat mahasiswa atau taruna di Sekolah Ikatan dinas adalah syarat-syarat pendaftaran.
Ada syarat pendaftaran yang bersifat umum, syarat pendaftaran akademik, maupun syarat khusus untuk sekolah ikatan dinas lainnya.
Pendaftaran Sekolah Ikatan Kedinasan masih menjadi prioritas utama bagi lulusan SMA/sederajat dalam meraih profesi yang diinginkan.

Tata cara pendaftaran sekolah ikatan dinas, pertama merupakan melakukan pendaftaran di Portal SSCN yakni di sscndikdin.bkn.go.id. Selanjutnya melakukan pendaftaran di portal masing-masing sekolah Ikatan Dinas

Banyak sekali sekolah ikatan dinas yang menemukan kandidat mahasiswa gres pada tahun ini. Bagi kalian yang sedang mencari isu wacana Persyaratan Masuk Sekolah Ikatan Dinas TA 2021/2022. Berikut kami berikan isu penting wacana tolok ukur tersebut.


Info Update CPNS 2021 cek di https://www.sscnbkn.win/

1. Persyaratan Pendaftaran PKN STAN

Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan dibawah Kementerian Keuangan.

a. Persyaratan Umum

  1. Lulusan SMA/Sederajat tahun 2018 dan sebelumnya atau akan lulus tahun 2019
  2. Memiliki nilai rata-rata cobaan tulis pada ijazah minimal 70,00 bagi lulusan tahun 2018 dan sebelumnya
  3. Bagi pelamar yang mau lulus tahun 2019 memiliki minimal nilai rata-rata raport kelas X dan XI semester 1 dan 2 dan kelas XII semester 1 dengan minimal rata-rata 70,00 (skala 100) atau 2,80 (Skala 4,00)
  4. Bagi pelamar yang mau lulus tahun 2019 apabila diterima maka wajib untuk lulus SMA/sederajat dan dikala daftar ulang melampirkan nilai rata-rata cobaan yang tertulis di ijazah dengan nilai minimal 70,00
  5. Maksimal berusia 20 tahun pada tanggal 01 September 2019.
  6. Minimal berusia 17 tahun bagi yang mendaftar kesibukan Spesialisasi Diploma I, dan minimal 15 tahun bagi pendaftar Spesialisasi Diploma III
  7. Bebas dari napza (narkotika,psikotropika,dan zat aditif lainnya)
  8. Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama menempuh pendidikan
  9. Belum pernah terdaftar selaku mahasiswa STAN 
  10. Membayar ongkos pendaftaran sebesar Rp. 300.000,- (tiga ratus ribu rupiah)
  11. Berbadan sehat

b. Kriteria berbadan sehat adalah:

  1. Mampu melihat, mendengar, dan mengatakan dengan baik
  2. Mampu melakukan kiprah seumpama menganalisa, mengetik, berdiskusi, dan bisa menyodorkan buah pikiran
  3. Mampu bergerak tanpa menggunakan alat bantu berlangsung atau menggunakan alat bantu berlangsung kecuali dingklik roda

c. Syarat Tambahan Pendaftar Program Studi kepabeanan dan cukai

  1. Minimal memiliki tinggi 165 cm (laki-laki) dan 155 cm (perempuan) pendaftarn jenjang Diploma I
  2. Bagi yang mengambil Diploma III mesti lelaki dengan minimal tinggi tubuh 165 cm
  3. Tidak memiliki cacat badan/Tidak buta warna
  4. Tidak melampaui ukuran 2 dioptri bagi yang menggunakan kacamata/lensa

d. Syarat Tambahan Pendaftar Program Afirmasi

  1. Program Afirmasi dikhususkan bagi pelamar dari kawasan Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur
  2. Dicalonkan oleh SMA/sederajat dengan syarat 1 Sekolah cuma mendaftarkan 1 siswa terbaiknya
  3. Lulusan SD/Sederajat, SMP/Sederajat di kawasan pada poin 1, atau memiliki garis keturunan orang bau tanah (ayah dan ibu kandung) orisinil pada kawasan pada poin 1

 Artikel ini sudah terbit dengan judul: Pendaftaran STAN 2020 Dibuka, Segera Daftarkan Diri

2. Syarat-Syarat Pendaftaran STIS

Apabila kalian akan mendaftar menjadi kandidat mahasiswa gres di STIS lewat jalur Ikatan Dinas silahkan lengkapi tolok ukur berikut ini.

  1. Sehat Jasmani dan Rohani
  2. Bebas Narkoba
  3. Tidak Buta Warna (total maupun parsial), bagi yang menggunakan beling mata (rabun jauh/dekat) batas toleransi di bawah ukuran 6 dioptri
  4. Lulusan SMA/MA (Peminatan MIPA/IPS) sanggup mengambil semua Program Studi, dan SMK/MAK (Peminatan Teknik Komputer dan Informatika) khusu pada Program Studi Komputansi Statistik DIV)
  5. Minimal memiliki nilai matematika dan bahasa inggris 80,00 (skala 1-100) atau sekurang-kurangnya 3,20 (skala 1- 4,00) pada Ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL) bagi yang belum memiliki ijazah
  6. Minimal berumur 16 Tahun dan Maksimal 22 Tahun, per 1 September 2020
  7. Belum pernah menikah dan siap untuk tidak menikah selama pendidikan di STIS hingga pengangkatan PNS
  8. Tidak menyandang status Ikatan Dinas dengan Instansi lain
  9. Siap mematuhi semua peraturan di STIS
  10. Menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) bagi yang dinyatakan lulus dan mengikuti pendidikan di STIS
  11. Setelah lulus pendidikan siap untuk diperintahkan di unit Badan Pusat Statistik (BPS)/Kementerian/Lembaga/Instansi Lainnya diseluruh kawasan Indonesia hingga pada tingkat Kabupaten/Kota

Persyaratan Khusus Program DIII

  • Berdomisili pada Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Utara
  • Domisili dibuktikan dengan kartu keluarga/KK

 Artikel ini sudah terbit dengan judul: Pendaftaran Online Politeknik STIS TA 2021/2022

3. Persyaratan Pendaftaran IPDN Tahun 2020

Ada beberapa tolok ukur yang mesti kalian lengkapi dikala pendaftaran IPDN.
Adapaun tolok ukur pendaftaran disini ada yang bersifat umum, khusus, dan tolok ukur administrasi.

Ketiga tolok ukur tersebut merupakan selaku berikut:

1. Persyaratan Umum IPDN 2021/2022

  1. WNI
  2. Minimal berusia 16 tahun dan optimal 21 tahun per tanggal 31 Desember 2020
  3. Minimal memiliki tinggi tubuh 160 cm (pria) dan 155 cm wanita
2. Persyaratan Khusus IPDN 2020
  1. Tidak pernah melakukan kejahatan yang terancam eksekusi pidana atau sedang menjalani eksekusi pidana
  2. Tidak bertindik atau memiliki bekas tindik bagi pelamar lelaki (kecuali memiliki ketentuan agama / adat)
  3. Tidak memiliki tato atau bekas tato di anggota tubuh
  4. Tidak ada gangguan terhadap pandangan / mata (tidak diperkenankan menggunakan kacamata / softlen)
  5. Belum pernah menikah/kawin dan khusus pendaftar perempuan belum pernah hamil atau melahirkan
  6. Tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat dari praja IPDN atau perguruan tinggi yang lain
  7. Siap untuk tidak menikah selama menjalani pendidikan
  8. Siap diangkat selaku PNS/CPNS dan siap diperintahkan diseluruh kawasan NKRI
  9. Siap diposisikan pada proses pembelajaran diseluruh kampus IPDN
  10. Siap menjalani peraturan yang berlaku di IPDN
  11. Jika melakukan langkah-langkah yang melanggar aturan seumpama langkah-langkah kriminal,mengkonsumsi dan/atau memasarkan belikan narkoba,perkelahian,pemukulan,pengeroyokan,menyebarkan paham radikalisme, melakukan langkah-langkah asusial/penyimpangan seksual (LGBT), maka bersedia untuk diberhentikan selaku Praja IPDN
  12. Jika terbukti melakukan pemalsuan identitas /dokumen pendaftaran atau tolok ukur tidak menyanggupi maka dianggap gugur dan siap dipulangkan dengan ketentuan ongkos bukan tanggung jawab IPDN

Point 7 s.d 11 khusus bagi yang diterima menjadi Praja IPDN

3. Persyaratan Adminitrasi Pendaftar IPDN 2021/2022

  1. Lulusan SMA/MA/Paket C
  2. Bagi lulusan tahun 2017 hingga dengan 2020 memiliki nilai rata-rata minimal 70,00 untuk masing-masing Nilai Rata-Rata Rapor dan Nilai Ujian Sekolah
  3. Bagi pelamar yang berasal dari Provinsi Papua dan Papua Barat memiliki nilai rata-rata Ijazah minimal 65,00 untuk masing-masing Nilai rata-rata Rapor dan rata-rata nilai Ujian Sekolah bagi pendaftar lulusan tahun 2017 hingga dengan 2020
  4. Memiliki KTP elektronik bagi yang berusia di atas 17 tahun, atau sanggup menggunakan Kartu Keluarga (KK) bagi yang belum memiliki KTP elektronik.
  5. Bagi yang belum memiliki KTP elektronik dan KK sanggup menggunakan Surat Keterangan Kependudukan atau resi undangan pengerjaan KTP elektronik dengan NIK yang serupa pada dikala pendaftaran online
  6. Bagi siswa SMA/MA tahun fatwa 2019/2020 menambahkan Surat Keterangan Lulus dari Kepala Sekolah atau pejabat yang berwenang.
  7. Memiliki Pas Poto modern dan alamat e-mail yang masih aktif
  8. Melampirkan Surat Ketarangan Orang Asli Papua (OAP) bagi peserta OAP yang sudah ditandatangani oleh BKD Kabupaten/Kota masing dan mengenali Ketua Majelis Rakyat Papua (MRP)

 Artikel ini sudah terbit dengan judul: Pendaftaran Calon Praja IPDN 2021/2022

4. Persyaratan Pendaftaran AKA Bogor

Syarat-Syarat Pendaftaran Jalur Undangan

  1. Sebelum mendaftar silahkan konfirmasi apalagi dulu lewat pihak sekolah, (karena tidak menemukan pendaftaran individual tapi mesti lewat sekolah)
  2. Tercatat aktif selaku siswa semester tamat tahun 2020
  3. Melampirkan surat usulan dari Kepala Sekolah
  4. Melakukan pendaftaran online di pmb.aka.ac.id (hasil isian formulir online dicetak dan dilampirkan)
  5. Membayar ongkos pendaftaran sebesar Rp. 200.000,00 (dua ratus ribu rupiah) di Bank BNI dengan no rek 0325128740 a.n RPL 023 Politeknik AKA Bogor (jika menggunakan ATM nama penerimanya “Rekening Operasional)
  6. Input secara online nilai rapor dari semester 1 s.d semester 5 di  pmb.aka.ac.id  (jika ada nilai praktek/teori, wajib/peminatan, silahkan nilainya dirata-rata)

b. Syarat-Syarat Pendaftaran Seleksi Rapor

  1. Tercatat aktif selaku siswa semester tamat tahun 2020
  2. Lulusan SMA/MA jurusan IPA dan Sekolah Menengah kejuruan yang dalam struktur kurikulum terdapat mata pelajaran Kimia.
  3. Melakukan pendaftaran online di pmb.aka.ac.id
  4. Membayar ongkos pendaftaran 
  5. Mengiput nilai rapor
  6. Mengirimkan berkas ke AKA Bogor

c. Syarat-Syarat Pendaftaran Ujian Tulis

  1. Pendaftaran dibuka untuk lazim SMA/Sederajat jurusan IPA atau Sekolah Menengah kejuruan yang ada mata pelajaran Kimia
  2. Pendaftar lulusan di bawah tahun 2020 diperbolehkan untuk mendaftar
  3. Mengisi formulir pendaftaran di pmb.aka.ac.id
  4. Membayar ongkos pendaftaran sebesar Rp. 200.000,00 di Bank BNI dengan no rek 0325128740 a.n RPL 023 Politeknik AKA Bogor
  5. Melampirkan pas poto  1 lembar ukuran 4×6 dan 3×4  (ketentuan: Background foto berwarna merah dan belakang foto ditulis nama dan asal sekolah)
  6. Mengikuti Ujian Tulis di Kampus AKA Bogor

Artikel ini sudah terbit dengan judul: Telah Dibuka Pendaftaran Aka Bogor TA 2021/2022, Daftarkan Segera

5. Persyaratan Pendaftaran STSN


Persyaratan Umum  Pendaftaran STSN

  1. WNI
  2. Pria dan Wanita
  3. Siswa kelas XII atau lulusan :
    • SMA/MA Jurusan IPA;atau
    • SMK Jurusan Elektro Industri;atau
    • SMK Jurusan TI Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi:
      • Rekayasa Perangkat Lunak
      • Teknik Komputer dan Jaringan
      • Sistem Informatika, Jaringan dan Aplikasi
      • Teknik Jaringan Akses Telekomunikasi
  4. Minimal nilai untuk Matematika dan Bahasa Inggris (baik teori/pengetahuan/wajib) masing-masing 80 untuk semester IV dan V
  5. Minimal berusia 17 tahun dan optimal 21 tahun, per tanggal 31 Desember 2020
  6. Sehat jasmani dan rohani
  7. Tidak buta warna
  8. Tidak cacat fisik dan mental
  9. Tidak bertato atau memiliki bekas tato
  10. Tidak bertindik atau memiliki bekas tindik
  11. Tidak bertindik atau memiliki bekas tindik anggota tubuh yang lain selain indera pendengaran (khusus wanita)
  12. Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama pendidikan di STSN
  13. Tidak pernah putus studi/drop out (DO) dari STSN atau sekolah kedinasan lainnya
  14. Tidak sedang menjalani Ikatan Dinas dengan instansi lain
  15. Siap mengikuti aturan di STSN dan siap menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas
  16. Membayar ongkos pelaksanaan seleksi sebesar Rp.50.000,-(lima puluh ribu rupiah)

Persyaratan Administrasi

  1. Surat lamaran ditulis tangan tinta hitam bermaterai Rp.6.000 yang ditujukan ke Ketua STSN (contoh surat lamaran silahkan unduh Pendaftaran Online Mahasiswa Baru STSN TA 2021/2022

     6. Persyaratan Pendaftaran PTB STMKG

    Syarat Umum Pendaftaran

    1. Pria/Wanita
    2. WNI
    3. Sehat Jasmani dan rohani
    4. Tidak Buta Warna
    5. Berkacamata optimal minus 2 spheris dan tidak silinder
    6. Minimal berusia 16 tahun dan optimal 21 tahun
    7. Belum pernah menikah dan siap tidak menikah selama pendidikan
    8. Bebas dari obat-obatan terlarang dengan melampirkan Surat Keterangan Bebas Narkoba/NAPZA dari rumah sakit pemerintah setempat
    9. Minimal memiliki tinggi tubuh 163 cm (Pria) dan 155 cm (Wanita) dengan berat tubuh ideal
    10. Siap melakukan pekerjaan di Badan Meteorologi dan Klimatologi dan Geofisika diseluruh Wilayah NKRI apabila lulus dari pendidikan

    Syarat Akademik

    1. Lulusan/akan lulus satuan pendidikan SMA/MA Jurusan IPA, atau Sekolah Menengah kejuruan pada kemampuan Teknik Elektronika lndustri, Teknik Mekatronika, Teknik Jaringan Akses, Teknik Transmisi Telekomunikasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Komputerdan Jaringan;
    2. Lulusan Sekolah Menengah kejuruan pada poin 1 cuma sanggup menegaskan Program Studi lnstrumentasi, Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (MKG);
    3. Minimal nilai Ijazah pada mata pelajaran Fisika, Matematika, dan Bahasa Inggris 70 untuk skala 100 (Bagi yang lulus sebelum tahun 2019)
    4. Bagi yang belum memiliki ijazah atau yang mau lulus tahun 2020 memiliki nilai rapor pada semester 3, 4, dan 5 pada mata pelajaran Fisika,Matematika,dan Bahasa Inggris masing-masing 70 untuk skala 100

    Syarat Diterima

    1. Memenuhi tolok ukur lazim (poin A) dan pesyaratan akademik (poin B)
    2. Lulus Ujian Nasional pada satuan pendidikan SMA/MA/SMK
    3. Memiliki Ijazah SMA/MA/SMK
    4. Lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
    5. Lulus Tes Akademik (Fisika,Matematika,dan Bahasa Inggris)
    6. Lulus Wawancara dan Pemeriksaan Kesehatan

    Artikel ini sudah terbit dengan judul: Pendaftaran Online PTB STMKG Tahun 2021/2022

    7. Syarat-Syarat Pendaftaran STTD

    Adapun tolok ukur pendaftaran STTD Tahun Ajaran 2021/2022  merupakan selaku berikut

    1. WNI
    2. Maksimal berusia 23 tahun dan minimal berusia 16 tahun per tanggal 1 September 2020
    3. Persyaratan nilai Calon Taruna/Taruni Pola Pembibitan (bukan hasil pembulatan).
      • Minimal memiliki nilai rata-rata cobaan pada ijazah 7,0 (skala 1-10) atau 70,00 (skala 10-100) atau 2,8 (skala 1-4), (Bagi pendaftar lulusan tahun 2019)
      • Bagi lulusan tahun 2019 dan sebelumnya apabila nilai rata-rata pada Ijazah menggunakan skala 1-10 atau skala 1-4 diwajibkan untuk mengkonversi nilai tersebut pada skala 10-100 dengan melampirkan Surat Keterangan dari sekolah asal yang ditandatangani Kepala Sekolah (cara konversi lihat panduan)
      • Minimal memiliki nilai rata-rata rapor 70,00 (skala 10-100) pada unsur Pengetahuan 5 semester yakni kelas X, XI (semester ganjil dan genap), dan kelas XII (semester ganjil), dengan syarat apabila diterima pendaftar tersebut dinyatakan lulus SMA/sederajat dan dikala pendaftaran ulang menandakan Ijazah kelulusan, (Bagi pendaftar lulusan tahun 2020)
      • Melampirkan surat penyetaraan/persamaan Ijazah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Bagi lulusan luar negeri/ijazah bahasa asing)
    4. Tinggi tubuh untuk Pria minimal 160 cm dan Wanita minimal 155 cm
    5. Berbadan sehat, tidak cacat fisik dan mental, bebas HIV/AIDS, dan bebas narkoba
    6. Bagi kandidat taruna: Tidak bertato atau memiliki bekas tato, tidak bertindik atau memiliki bekas tindik pada telinganya atau anggota tubuh yang lain kecuali disebabkan oleh ketentuan agama/adat (melampirkan surat keterangan dari pemuka agama/adat)
    7. Bagi kandidat taruni: Tidak bertato atau memiliki bekas tato, tidak bertindik atau memiliki bekas tindik pada anggota tubuh yang lain kecuali indera pendengaran tidak lebih dari 1 pasang (telinga kanan dan kiri)
    8. Tidak ada kelainan buta warna pada pandangan baik parsial maupun total (ketajaman pandangan normal)
    9. Tidak sedang menjalani eksekusi atau terancam eksekusi pidanan lantaran melakukan tindak kejahatan
    10. Belum pernah diberhentikan dengan tidak hormat dan/atau mengundurkan diri selaku taruna/taruni di lingkungan Badan Pengembangan SDM Perhubungan
    11. Bersedia mentaati segala peraturan pada Pola Pembibitan
    12. Siap diberhentikan secara tidak hormat kalau melakukan langkah-langkah kriminal diantaranya menyantap dan atau memperjualbelikan narkoba, melakukan langkah-langkah kekerasan (perkelahian, pemukulan, pengeroyokan, perundungan), melakukan langkah-langkah asusial atau penyimpangan seksual
    13. Dinyatakan gugur apabila terbukti melakukan pemalsuan dokumen/identitas
    14. Membayar ongkos pendaftaran
    15. Siap menandatangani Surat Pernyataan Calon Taruna/Taruni bermaterai Rp. 6000)
    16. Bersedia mengikuti pendidikan di kampus yang diputuskan oleh PTDI-STTD sesuai dengan kesibukan studi yang dipilih
    17. Memiliki Surat Elektronik/e-mail dan nomor telepon yang masih aktif dan valid
    Persyaratan Program Studi Transportasi Darat (DIV)

    1. SMA/MA Jurusan IPA, dan
    2. SMK Jurusan Teknik Telekomunikasi, Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Elektronika, Teknik Otomotif, Teknik Industri, Teknik Mesin, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Geomatika dan Geospasial, Teknik Konstruksi dan Properti.

    Persyaratan Program Studi Manajemen Transportasi Jalan (DIII)

    1. SMA/MA Jurusan IPA, dan
    2. SMK Jurusan Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Teknin Bangunan, Teknik Industri, Teknik Survei Dan Pemetaan, Teknik Telekomunikasi, Teknik Komputer & Informatika, Teknik Ketenagalistrikan

    Persyaratan Program Studi Perkeretaapian (DIII)

    1. SMA/MA Jurusan IPA, dan
    2. SMK Jurusan Teknik Telekomunikasi, Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Elektronika, Teknik Otomotif, Teknik Industri, Teknik Mesin, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Geomatika dan Geospasial, Teknik Konstruksi dan Properti.

      Artikel ini sudah terbit dengan judul: Pendaftaran Calon Taruna STTD TA 2021/2022

    8.  Persyaratan Pendaftaran STIN

    Persyaratan Umum Pendaftaran

    1. Pria/Wanita
    2. WNI
    3. Beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa
    4. Setia terhadap NKRI menurut Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945
    5. Berkelakuan baik dan tidak pernah terlibat tindak pidana
    6. Serendah-rendahnya berijazah SMA/MA/SMK/Sederajat (bukan lulusan paket A,B, dan C) dengan ketentuan:
      • Minimal nilai rata-rata ijazah 70 (lulusan tahun 2018 & 2019)
      • Minimal nilai rata-rata rapor semester 1 s.d semester 5 70 (lulusan tahun 2020)
    7. Belum menikah dan bersedia tidak menikah apalagi dulu selama pendidikan
    8. Bagi wanita belum pernah melahirkan, dan bagi pria belum pernah punya anak biologis
    9. Tidak bertato atau memiliki bekas tato dan bertindik pada serpihan tubuh yang tidak lazim (Wanita)
    10. Tidak bertato atau memiliki bekas tato dan bertindik pada serpihan tubuh manapun (Pria)
    11. Sehat jasmani maupun rohani & tidak pernah mengalami patah tulang
    12. Bagi yang berkacamata dengan ketentuan optimal 1 + (plus) atau – (minus)
    13. Tidak buta warna
    14. Minimal memiliki tinggi tubuh 165 cm (laki-laki), dan minimal 155 cm (perempuan), dengan berat tubuh ideal
    15. Minimal berusia 16 tahun dan optimal berusia 21 tahun, per tanggal 31 Desember 2020 (dibuktikan dengan Akte/Surat Kelahiran)
    16. Melampirkan surat pernyataan persetujuan orang tua/wali 
    17. Seleksi taruna/taruni STIN (gratis/tidak dipungut biaya) kecuali ongkos mengikuti SKD

    9.  Persyaratan Pendaftaran PEM-Akamigas

    A. Persyaratan Jalur Umum

    Persyaratan Umum (Administrasi)

    1. Lulusan SMA/MA (IPA) atau Sekolah Menengah kejuruan (Teknik) bagi yang mendaftar kesibukan lulusan SLA
    2. Lulusan Diploma bagi yang mendaftar kesibukan alih jenjang
    3. Memiliki nilai rapor SLA semester 1-5, dengan minimal nilainya 70 (Matematika & Bahasa Inggris)
    4. Melampirkan FC akta kejuaraan (tingkat Kota/Kab/Prov/Nasional/Internasional dan/atau akta kompetensi (bila ada)
    5. Sehat jasmani dan rohani
    6. Tidak buta warna (parsial maupun total)dibuktikan dengan Surat Keterangan Dokter dari Instansi Pemerintah
    7. Minimal memiliki tinggi tubuh 160cm (pria) dan 155cm (wanita)
    8. Melampirkan FC Kartu Keluarga (KK)/ Kartu Tanda Penduduk (KTP)
    9. Melampirkan surat keterangan bebas narkoba/NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah/Kepolisian/BNN
    10. Melampirkan FC kartu keanggotaan BPJS yang masih berlaku (disertakan kalau dinyatakan lulus cobaan tulis mandiri)
    11. Melakukan pendaftaran di http://pmb.akamigas.ac.id

    Persyaratan Khusus Program Lulusan SLA

    1. Belum pernah menikah
    2. Maksimal berusia 21 tahun dikala pendaftaran
    3. Lulusan SMA/sederajat tahun 2020 s.d 2018
    4. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
    5. Diutamakan lulusan 25% terbaik atau peringkat 1 – 10 selama semester terakhir di kelas (dibuktikan surat ketarangan dari kepala sekolah/pimpinan sekolah)
    6. Mencantumkan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang meliputi: TPS,Matematika Saintek,Fisika,dan Kimia (bagi lulusan 2019 dan 2020)
    7. Mencantumkan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang meliputi: TPS,Matematika Saintek,Fisika,dan Kimia atau hasil Ujian Nasional/UN(bagi lulusan 2018)
    8. Melampirkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) dikala SLA (khusus yang mau mengajukan tuntutan beasiswa pendidikan bagi yang berasal dari keluarga kurang bisa secara ekonomi)

    Persyaratan Khusus Program Alih Jenjang

    1. Lulusan Diploma III (DIII) dengan IPK minimal 2,75 (Perguruan tinggi terakreditasi minimum B)
    2. Melampirkan Curriculum Vitae (CV), Transkip, dan Ijazah/sertifikar pendidikan sebelumnya
    3. Melampirkan akta kompetensi maupun sertifikar diklat/training (bila ada)
    4. Maksimum berusia 30 tahun per tanggal 01 Agustus 2020

    B. Persyaratan Jalur Kerjasama

    Persyaratan Khusus Program Lulusan SLA

    1. Belum pernah menikah
    2. Maksimal berusia 21 tahun dikala pendaftaran
    3. Lulusan SLA tahun 2020 s.d 2018
    4. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
    5. Diutamakan lulusan 25% terbaik atau peringkat 1-10 selama 2 semester terakhir di kelas dibuktikan dengan surat keterangan dari kepala sekolah/pimpinan sekolah
    6. Mencantumkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang termasuk TPS, Matematika,Saintek,Fisika,dan Kimia atai hasil Ujian Nasional (UN)

    Persyaratan Khusus Program Alih Jenjang

    1. Lulusan Diploma I/II/III Pem Akamigas atau lulusan Diploma III dari perguruan tinggi lain dengan IPK minimal 2,75 dan legalisasi perguruan tinggi minimal B
    2. Melampirkan Curriculum Vitae (CV), Transkip, dan Ijazah/sertifikar pendidikan sebelumnya
    3. Melampirkan akta kompetensi maupun sertifikar diklat/training (bila ada)
    4. Maksimum berusia 40 tahun per tanggal 01 Agustus 2020 (atau sebagaimana dikontrol dalam Perjanjian Kerja Sama)

    10.  Persyaratan Pendaftaran Poltekip dan Poltekim

    Persyaratan Pendaftaran

    1. WNI
    2. Pria/Wanita
    3. Usia pelamar dengan dibuktikan Surat Keterangan Lahir/Akte Kelahiran.
      • Minimal berusia 17 tahun dan optimal berusia 22 tahun per tanggal 01 Juni 2020 (Jalur Umum & Jalur Putra/Putri Papua/Papua Barat)
      • Maksimal berusia 25 tahun per tanggal 01 Juni 2020 (Jalur Pegawai & Formasi Pegawai Putra/Putri Papua/Papua Barat)

    4. Minimal memiliki tinggi tubuh 165cm (pria), dan 158cm (wanita) dengan berat tubuh seimbang/ideal (pengukuran dijalankan pada saar verifikasi dokumen asli)
    5. Berbadan sehat
    6. Tidak cacat fisik dan mental
    7. Bebas HIV/AIDS
    8. Bebas narkoba
    9. Tidak menggunakan kacamata dan/atau softlens
    10. Tidak tuli
    11. Tidak buta warna
    12. Khusus Pria: Tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik telinganya atau anggota tubuh yang lain (kecuali disebabkan ketentuan adat/agama dengan menambahkan surat keterangan dari ketua adat)
    13. Khusus Wanita: tidak  bertato/bekas  tato  dan  tidak  ditindik/bekas  tindik  anggota  badan  yang lain selain  telinga  dan tidak bertindik/bekas  tindik di  indera pendengaran lebih  dari  1  pasang  (telinga  kiri  dan kanan)
    14. Belum pernah menikah (dibuktikan Surat Keterangan dari Lurah/Kepala Desa), dan sanggup tidak menikah selama pendidikan
    15. Bersedia diposisikan diseluruh kawasan NKRI pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan dan Imigrasi
    16. Tidak pernah putus  studi/  drop  out  (DO)  dari Poltekip dan Poltekim dan atau akademi/sekolah Kedinasan lainnya
    17. Setelah dinyatakan diterima Membuat dan  mengisi  formulir  pernyataan  dan  melengkapi  surat-surat  keterangan  lainnya
    18. Tidak sedang menjalani ikatan dinas/pekerjaan dengan perusahaan lain/instansi
    19. Bagi pelamar formasi pegawai/formasi pegawai Putra/Putri Papua/Papua Barat, selain mesti menyanggupi tolok ukur diatas (angka 1 s.d. 18), juga mesti menyanggupi syarat :
      • Mendapatkan persetujuan untuk mengikuti pendidikan ikatan dinas dengan pangkat/gol. ruang setinggi-tingginya Pengatur Muda Tk.I / (II/b) dibuktikan dengan surat pengirim dari Pejabat Pimpinan Tinggi (Pimpinan Unit Eselon I atau Kepala Kantor Wilayah);
      • Tidak dalam proses investigasi atau sedang menjalani eksekusi disiplin tingkat sedang atau berat sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010, dibuktikan dengan surat keterangan dari Kepala Satuan Kerja;
      • PPKP  tahun  2018 dan PPKP  tahun  2019 minimal  bernilai  baik dan seluruh komponen  / unsur  analisa PPKP minimal  baik  serta telah  membuat  SKP  tahun  2020 pada  metode isu manajemenkepegawaian (SIMPEG); 
    Baca Juga:

    1. Jadwal Pendaftaran Seleksi Sekolah Ikatan Dinas TA 2021/2022
    2. 99 Sekolah Ikatan Dinas Menerima Mahasiswa Baru TA 2021/2022

    Sumber: Diambil dari banyak sekali sumber laman sekolah ikatan dinas masing-masing

    Salam Sukses, Semangat Anak Muda, Anak Muda Harapan Indonesia!!!