snmptn.ac.id–2020/2021– Pada postingan ini akan diberikan isu penting seputar Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru di Perguruan Tinggi lewat jalur SNMPTN. Semoga postingan ini sanggup dijadikan rujukan untuk melakukan pendaftaran menjadi kandidat mahasiswa gres di Perguruan Tinggi Negeri opsi kalian.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) ialah seleksi penerimaan mahasiswa gres yang dilaksanakan secara serempak seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se Indonesia..


Info Update CPNS 2021 cek di https://www.sscnbkn.win/

Seleksi Pendaftaran SNMPTN ini menurut prestasi di saat menempuh pendidikan di SMA/Sederajat. Pendaftaran Online SNMPTN Tahun 2020 ditangani di portal.ltmpt.ac.id

Bagi kalian yang memiliki prestasi unggul dan memiliki rekam jejak prestasi akademik di PDSS silahkan melakukan seleksi mahasiswa gres lewat jalur SNMPTN.

Baca: Panduan Pendaftaran PDSS

Ada beberapa keistimewaan mendaftar lewat jalur seleksi SNMPTN ini. Diantaranya: ongkos pendaftaran yang gratis. Selain itu kita sanggup menegaskan di Perguruan Tinggi Negeri opsi kalian dengan Program Studi yang tersedia.

Pendaftaran jalur SNMPTN ini tidak ada cobaan tes, alasannya yakni proses seleksi menurut prestasi atau nilai akademik di saat menempuh pendidikan di SMA/sederajat.

A. Proses seleksi lewat pemeringkatan.

Pada tahun ini seleksi SNMPTN berlainan dengan tahun kemaren, dimana proses pemeringkatan siswa ditangani oleh pihak sekolah.

Berdasarkan pemeringkatan oleh sekolah, terdapat ketentuan siswa yang diizinkan untuk mendaftar SNMPTN 2020 dengan ketentuan nilai legalisasi sekolah.

  1. Akreditasi A : 40 % terbaik di sekolahnya;
  2. Akreditasi B : 25 % terbaik di sekolahnya;
  3. Akreditasi C dan yang lain 5 % terbaik di sekolahnya

Bagi pelamar yang berasal dari keluarga keluarga kurang bisa secara ekonomi sanggup mengajukan derma ongkos pendidikan KIP Kuliah dengan apalagi dulu mempelajari mekanisme pendaftaran kesibukan KIP Kuliah.

Prestasi akademik yang dimaksud dalam seleksi jalur SNMPTN ini yakni nilai rapor semester 1 (satu) hingga dengan semester 5 (lima) bagi SMA/MA dan Sekolah Menengah kejuruan dengan masa menuntut ilmu 3 (tiga) tahun atau semester 1 (satu) hingga dengan semester 7 (tujuh) bagi Sekolah Menengah kejuruan dengan masa menuntut ilmu 4 (empat) tahun, serta Portofolio Akademik.

Sekolah yang siswanya mengikuti SNMPTN mesti memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa di PDSS dengan lengkap dan benar.

Apakah sekolah kalian (SMA/sederajat) sudah memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan apakah diri kalian sudah didaftarkan dan memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) serta apakah sekolah sudah mengisikan data prestasi siswa di PDSS dengan lengkap dan benar

Kedua persyaratan tersebut yang mau digunakan untuk mendaftar SNMPTN di PDSS. (baca:  Panduan Pendaftaran PDSS 2020)

Selain persyaratan di atas ada beberapa persyaratan khusus yang mesti kalian lengkapi apabila akan mendaftar lewat jalur SNMPTN ini.

 

B. Persyaratan Pendaftaran SNMPTN 2020

Ada dua persyaratan yang mesti ditangani untuk mendaftar SNMPTN 2020, yaitu: 1). Persyaratan  Sekolah yang ingin mendaftarkan siswanya untuk mengikuti seleksi, dan 2). Persyaratan Siswa pendaftar SNMPTN sendiri. Berikut klarifikasi kedua persyaratan tersebut.
1). Persyaratan Sekolah Pendaftaran SNMPTN 2020
Sekolah yang dapat mendaftarkan siswanya mendaftar seleksi mahasiswa gres di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lewat jalur SNMPTN adalah:

  • Sekolah SMA/MA/SMK/Sederajat/SRI di mancanegara yang sudah memiliki NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional),, dan
  • Telah mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS)
2). Persyaratan Siswa Pendaftaran SNMPTN 2020
Bagi siswa yang ingin mendaftar menjadi mahasiswa gres di Perguruan Tinggi Negeri lewat jalur SNMPTN mesti memiliki prestasi unggul dalam bidang akademik.

  1. Siswa SMA/sederajat kelas XII yang memiliki prestasi unggul
  2. Memiliki NISN yang terdaftar di PDSS (tanyakan kesekolah masing-masing)
  3. Memiliki prestasi akademik yang unggul dan menyanggupi persyaratan yang  diputuskan oleh Perguruan Tinggi Negeri masing-masing (Jika ada persyaratan lainnya, silahkan buka di situs web masing-masing PTN).
  4. Memiliki nilai raport yang sudah diisikan oleh pihak sekolah di PDSS (nilai raport semester 1-semester 5 untuk masa studi 3 tahun, dan semester 1 – semester 7 untuk masa studi 7 tahun)

Selain persyaratan sekolah dan persyaratan siswa di atas, ada persyartan khusus bagi peserta yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri lewat jalur SNMPTN, yaitu:

  1. Lulus SMA/SMK/MA/sederajat; 
  2. Memiliki akun di LTMPT; 
  3. Lulus seleksi SNMPTN 2020; dan
  4. Lolos verifikasi data serta menyanggupi persyaratan lain yang diputuskan oleh masing-masing Perguruan Tinggi Negeri akseptor

C. Tata Cara Pendaftaran SNMPTN 2020

Apabila kalian menyanggupi persyaratan yang sudah diputuskan di atas, silahkan melakukan pendaftaran lewat jalur SNMPTN dengan mengikuti alur pendaftaran di bawah ini.

Tata cara mengikuti SNMPTN ditangani lewat beberapa tahapan, yakni :

  1. Registrasi Akun LTMPT
  2. Pengisian dan Verifikasi PDSS
  3. Pemeringkatan
  4. Pendaftaran SNMPTN oleh siswa
  5. Pengumuman
Silahkan Baca: Tata Cara Pendaftaran SNMPTN TA 2021/2022

1. Registrasi Akun LTMPT

Pada tahun ini pendaftaran mahasiswa gres lewat jalur SNMPTN peserta mesti apalagi dulu pendaftaran pada akun LTMPT. Registrasi akun LTMPT ditangani pada tanggal 02 Desember s.d 07 Januari 2020

Tata cara registrasi 

Registrasi ditangani dengan 2 (dua) langkah, pertama pendaftaran sekolah dan pendaftaran siswa.
Silahkan login di https://portal.ltmpt.ac.id/reg

Maka akan timbul laman menyerupai pada gambar di atas.

Apabila selaku pihak sekolah silahkan pendaftaran dengan klik bundar merah no 1 menyerupai gambar di atas, dan apabila siswa silahkan pendaftaran dengan klik bundar merah no 2.

2. Pengisian dan Verifikasi PDSS

  • Sekolah melakukan pengecekan NPSN di laman PDSS;
  • Sekolah mesti menegaskan bahwa NPSN beserta data tentang Sekolah sudah benar dan terverifikasi di PDSPK Kemdikbud;
  • Kepala Sekolah atau yang ditugasi Kepala Sekolah mengisikan keseluruhan data siswa kelas XII di PDSS lewat https://portal.ltmpt.ac.id.
  • Pengisian Data PDSS oleh Sekolah sanggup ditangani pada tanggal 13 Januari – 06 Februari 2020.

Selengkapnya baca bimbingan pengisian PDSS disini : Panduan Pendaftaran PDSS 2020)

3. Pemeringkatan

Pada tahun ini proses pemeringkatan siswa ditangani oleh pihak sekolah dengan memperhatikan nilai mata pelajaran.

  • Jurusan IPA, termasuk : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi. 
  • Jurusan IPS, meliputi: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi. 
  • Jurusan Bahasa, meliputi: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing. 
  • SMK, meliputi: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan). 

Apabila dalam pemeringkatan siswa ada nilai yang serupa sekolah sanggup menyertakan persyaratan lain berupa prestasi akademik dalam menegaskan peringkat siswa.

Selanjutnya menurut pemeringkatan siswa yang menyanggupi persyaratan untuk  mendaftar SNMPTN dengan ketentuan nilai Akreditasi Sekolah, yaitu:

  1. Akreditasi A, sebanyak : 40 % terbaik di sekolahnya;
  2. Akreditasi B, sebanyak : 25 % terbaik di sekolahnya;
  3. Akreditasi C dan lainnya, sebanyak 5 % terbaik di sekolahnya

Pengisian daftar siswa yang sanggup mengikuti SNMPTN ditangani oleh pihak sekolah pada tanggal 13 Januari 2020 – 06 Februari 2020.

    4. Pendaftaran SNMPTN oleh Siswa

    Apabila menurut pemeringkatan lewat metode LTMPT kalian masing-masing siswa menyanggupi syarat atau persyaratan silahkan melakukan pendaftaran SNMPTN dengan login di https://portal.ltmpt.ac.id menggunakan Email dan password (tanyakan terhadap pihak sekolah)

    • Isi biodata kalian secara lengkap
    • Pilihlah Perguruan Tinggi Negeri dan Program Studi yang kalian minati
    • Unggah (upload) paspoto modern kalian (poto resmi)
    • Apabila kalian memiliki prestasi pelengkap (jika ada) silahkan diunggah juga
    • Bagi kalian yang mendaftar pada Program Studi bidang Seni dan Olahraga diwajibkan untuk mengunggah portofolio dan dokumen yang lain yang berhubungan dengan kemampuan kalian (semua dokumen mesti disahkan oleh Kepala Sekolah masing-masing) Baca pedoman pengunggahan di https://portal.ltmpt.ac.id
    • Apabila kalian sudah melakukan mengisi biodata dan mengunggah dokumen yang diminta silahkan cetak  Kartu Bukti Pendaftaran (kartu ini digunakan untuk daftar ulang bagi yang lulus)

    Siswa pendaftar mesti membaca dan mengetahui seluruh ketentuan yang berlaku pada Perguruan Tinggi Negeri pilihan.

    Secara singkat pendaftaran SNMPTN 2020 menyerupai pada gambar di bawah ini.]

     Gambar Alur Pendaftaran SNMPTN 2020

    D. Jadwal Pendaftaran SNMPTN 2020

    1. Peluncuran Sistem PMB tanggal 15 November 2020
    2. Registrasi Akun LTMPT 02 Desember s.d 07 Januari 2020
    3. Pengisian PDSS tanggal 13 Januari hingga 06 Februari 2020 (baca tata cara pendaftaran PDSS)
    4. Pemeringkatan Siswa oleh Pihak Sekolah tanggal 13 Januari s.d 06 Februari 2020
    5. Pengumuman Siswa Eligible pendaftar SNMPTN tanggal 13 Januari s.d 06 Februari 2020
    6. Pendaftaran SNMPTN tanggal 11 Februari s.d 25 Februari 2020 (baca tata cara pendaftaran SNMPTN TA 2021/2022)
    7. Pengisian Data Nomor Pendaftaran KIP Kuliah tanggal 02 s.d 31 Maret 2020 (Baca:Pendaftaran Online KIP-Kuliah TA 2021/2022)
    8. Finalisasi dan Cetak Kartu Tanda Peserta SNMPTN (Bagi siswa yang gres hingga tahap menegaskan Prodi) tanggal 02 s.d 31 Maret 2020
    9. Pendaftaran SNMPTN bagi siswa eligible (yang mengajukan KIP Kuliah dan belum pernah mendaftar) tanggal 02 s.d 31 Maret 2020
    10. Pengumuman SNMPTN tanggal 08 April 2020

    Baca Juga: Jadwal Pendaftaran PTN: SNMPTN, SBMPTN, SPAN-PTKIN, PMDK-PN T.A 2021/2022

    E. Jumlah Pilihan Perguruan Tinggi Negeri dan Program Studi

    Berapa sih jumlah Perguruan Tinggi Negeri dan Program Studi yang dapat kalian pilih untuk mengikuti seleksi lewat jalur SNMPTN?

    Untuk ketentuannya yakni selaku berikut:

    1. Pendaftar (siswa) sanggup menegaskan paling banyak 2 (dua) kesibukan studi dalam 1 (satu) Perguruan Tinggi Negeri atau 2 (dua) PTN
    2. Siswa Sekolah Menengah kejuruan cuma diberikan izin untuk menegaskan kesibukan studi yang sesuai/relevan dengan ketentuan yang diputuskan masing-masing PTN
    3. Perhatikan dalam menegaskan Perguruan Tinggi Negeri dan Program Studi alasannya yakni menyatakan prioritas pilihan
    4. Daftar kesibukan studi dan daya tampung silahkan lihat di   https://www.ltmpt.ac.id

      F. Tahapan Seleksi Jalur SNMPTN

      Tahapan seleksi menurut pada:

      1. Siswa dipilih di Perguruan Tinggi Negeri opsi pertama menurut urutan opsi Program Studi
      2. Siswa yang mengambil kesibukan studi di 2 (dua) PTN, bagi yang tidak lulus di Perguruan Tinggi Negeri opsi pertama akan dipilih ke Perguruan Tinggi Negeri urutan kedua menurut daya tampung yang tersedia

        Maka dari itu diusulkan bagi kalian yang mau mengambil opsi Perguruan Tinggi Negeri dan Program Studi untuk memikirkan daya tampung.

        Ketentuan!

        1. Bagi pihak sekolah yang melakukan kecurangan maka tidak akan diikutsertakan pada SNMPTN tahun berikutnya
        2. Sedangkan, bagi siswa yang dinyatakan lulus SNMPTN tetapi melakukan kecurangan dibatalkan kelulusannya

         

        Daftar Perguruan Tinggi Negeri yang menemukan mahasiswa gres lewat Jalur SNMPTN 2020

        1. Pendaftaran SNMPTN Universitas Syiah Kuala : http://www.pmb.unsyiah.ac.id
        2. Pendaftaran SNMPTN Universitas Malikussaleh : http://pmb.unimal.ac.id    
        3. Pendaftaran SNMPTN Universitas Teuku Umar : http://www.utu.ac.id    
        4. Pendaftaran SNMPTN Universitas Samudera : http://pmb.unsam.ac.id    
        5. Pendaftaran SNMPTN ISBI Aceh :http://isbiaceh.ac.id/    
        6. Pendaftaran SNMPTN UIN AR-Raniry : http://www.ar-raniry.ac.id    
        7. Pendaftaran SNMPTN  Universitas Sumatera Utara  : http://www.usu.ac.id    
        8. Pendaftaran SNMPTN Universitas Negeri Medan : http://spmb.unimed.ac.id    
        9. Pendaftaran SNMPTN UIN Sumatera Utara : http://www.uinsu.ac.id    
        10. Pendaftaran SNMPTN Universitas Riau : http://admisi.unri.ac.id    
        11. Pendaftaran SNMPTN UIN Sultan Syarif Kasim Riau : http://www.uin-suska.ac.id    
        12. Pendaftaran SNMPTN Universitas Maritim Raja Ali Haji : http://pmb.umrah.ac.id    
        13. Pendaftaran SNMPTN Universitas Andalas : http://pmb.unand.ac.id    
        14. Pendaftaran SNMPTN Universitas Negeri Padang : http://spmb.unp.ac.id    
        15. Pendaftaran SNMPTN ISI Padang Panjang : http://isi-padangpanjang.ac.id/    
        16. Pendaftaran SNMPTN Universitas Jambi : http://pmb.unja.ac.id    
        17. Pendaftaran SNMPTN Universitas Bengkulu : http://admisi.unib.ac.id    
        18. Pendaftaran SNMPTN Universitas Sriwijaya  : http://www.reg.unsri.ac.id    
        19. Pendaftaran SNMPTN UIN Raden Fatah : http://spmb.radenfatah.ac.id    
        20. Pendaftaran SNMPTN Universitas Bangka Belitung : http://www.ubb.ac.id    
        21. Pendaftaran SNMPTN Universitas Lampung : http://simanila.unila.ac.id    
        22. Pendaftaran SNMPTN Institut Teknologi Sumatera : http://usm.itera.ac.id    
        23. Pendaftaran SNMPTN Universitas Sultan Ageng Tirtayasa : http://www.untirta.ac.id    
        24. Pendaftaran SNMPTN Universitas Indonesia : http://simak.ui.ac.id    
        25. Pendaftaran SNMPTN UIN Syarif Hidayatullah : http://spmb.uinjkt.ac.id/spmb/pmb.zul    
        26. Pendaftaran SNMPTN Universitas Negeri Jakarta : http://penmaba.unj.ac.id    
        27. Pendaftaran SNMPTN UPN Veteran Jakarta : https://penmaru.upnvj.ac.id/    
        28. Pendaftaran SNMPTN Universitas Singaperbangsa Karawang : http://pmb.unsika.ac.id    
        29. Pendaftaran SNMPTN Institut Teknologi Bandung : http://usm.itb.ac.id/wp    
        30. Pendaftaran SNMPTN Universitas Padjadjaran : http://smup.unpad.ac.id    
        31. Pendaftaran SNMPTN Universitas Pendidikan Indonesia : http://pmb.upi.edu    
        32. Pendaftaran SNMPTN ISBI Bandung : http://isbi.ac.id    
        33. Pendaftaran SNMPTN UIN Sunan Gunung Djati Bandung : http://www.uinsgd.ac.id    
        34. Pendaftaran SNMPTN Institut Pertanian Bogor : http://admisi.ipb.ac.id    
        35. Pendaftaran SNMPTN Universitas Siliwangi : http://pmb.unsil.ac.id    
        36. Pendaftaran SNMPTN Universitas Jenderal Soedirman : http://www.unsoed.ac.id    
        37. Pendaftaran SNMPTN Universitas Tidar : http://untidar.ac.id    
        38. Pendaftaran SNMPTN Universitas Sebelas Maret : http://spmb.uns.ac.id    
        39. Pendaftaran SNMPTN ISI Surakarta : http://isi-ska.ac.id    
        40. Pendaftaran SNMPTN Universitas Diponegoro :   http://um.undip.ac.id    
        41. Pendaftaran SNMPTN Universitas Negeri Semarang : http://penerimaan.unnes.ac.id    
        42. Pendaftaran SNMPTN UIN Walisongo Semarang : http://pmb.walisongo.ac.id    
        43. Pendaftaran SNMPTN Universitas Gadjah Mada : http://um.ugm.ac.id    
        44. Pendaftaran SNMPTN Universitas Negeri Yogyakarta : http://pmb.uny.ac.id    
        45. Pendaftaran SNMPTN UPN Veteran Yogyakarta : http://pmb.upnyk.ac.id    
        46. Pendaftaran SNMPTN  ISI Yogyakarta : http://isi.ac.id    
        47. Pendaftaran SNMPTN UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta : http://www.uin-suka.ac.id    
        48. Pendaftaran SNMPTN Universitas Jember : http://www.unej.ac.id    
        49. Pendaftaran SNMPTN Universitas Brawijaya : http://selma.ub.ac.id    
        50. Pendaftaran SNMPTN Universitas Negeri Malang : http://seleksi.um.ac.id    
        51. Pendaftaran SNMPTN UIN Malik Ibrahim Malang : http://pmb.uin-malang.ac.id    
        52. Pendaftaran SNMPTN Universitas Airlangga : http://ppmb.unair.ac.id    
        53. Pendaftaran SNMPTN  Institut Teknologi Sepuluh Nopember : http://smits.its.ac.id    
        54. Pendaftaran SNMPTN Universitas Negeri Surabaya : http://www.unesa.ac.id    
        55. Pendaftaran SNMPTN Universitas Trunojoyo Madura : http://pmb.trunojoyo.ac.id    
        56. Pendaftaran SNMPTN UPN Veteran Jawa Timur : http://simaba.upnjatim.ac.id    
        57. Pendaftaran SNMPTN UIN Sunan Ampel Surabaya : http://www.uinsby.ac.id    
        58. Pendaftaran SNMPTN Universitas Tanjungpura : http://scmb.untan.ac.id    
        59. Pendaftaran SNMPTN Universitas Palangkaraya : http://www.upr.ac.id/    
        60. Pendaftaran SNMPTN  Universitas Lambung Mangkurat : http://unlam.ac.id    
        61. Pendaftaran SNMPTN Universitas Mulawarman : http://www.unmul.ac.id    
        62. Pendaftaran SNMPTN Institut Teknologi Kalimantan : http://www.itk.ac.id    
        63. Pendaftaran SNMPTN Universitas Borneo Tarakan : http://snmptn.borneo.ac.id    
        64. Pendaftaran SNMPTN Universitas Udayana : https://infoseleksi.unud.ac.id/    
        65. Pendaftaran SNMPTN Universitas Pendidikan Ganesha : http://undiksha.ac.id/id    
        66. Pendaftaran SNMPTN  ISI Denpasar : http://isi-dps.ac.id    
        67. Pendaftaran SNMPTN  Universitas Mataram : http://pmb.unram.ac.id    
        68. Pendaftaran SNMPTN Universitas Nusa Cendana : http://www.undana.ac.id    
        69. Pendaftaran SNMPTN Universitas Timor : http://www.unimor.ac.id    
        70. Pendaftaran SNMPTN Universitas Hasanuddin : http://www.unhas.ac.id/pmb    
        71. Pendaftaran SNMPTN Universitas Negeri Makassar : http://www.unm.ac.id    
        72. Pendaftaran SNMPTN UIN Alauddin Makassar : http://siadin.uin-alauddin.ac.id    
        73. Pendaftaran SNMPTN  Universitas Sam Ratulangi : http://pmb.unsam.ac.id    
        74. Pendaftaran SNMPTN Universitas Negeri Manado : http://www.unima.ac.id    
        75. Pendaftaran SNMPTN Universitas Tadulako : http://www.untad.ac.id    
        76. Pendaftaran SNMPTN Universitas Sulawesi Barat : https://unsulbar.ac.id    
        77. Pendaftaran SNMPTN Universitas Haluoleo : http://www.uho.ac.id    
        78. Pendaftaran SNMPTN Universitas Negeri Gorontalo : http://www.ung.ac.id    
        79. Pendaftaran SNMPTN Universitas Sembilan Belas November : http://pmb.usn.ac.id    
        80. Pendaftaran SNMPTN Universitas Pattimura : http://www.unpatti.ac.id    
        81. Pendaftaran SNMPTN Universitas Khairun : http://www.unkhair.ac.id    
        82. Pendaftaran SNMPTN Universitas Cenderawasih : http://www.unicen.ac.id    
        83. Pendaftaran SNMPTN Universitas Musamus Merauke : http://www.unmus.ac.id    
        84. Pendaftaran SNMPTN ISBI Tanah Papua : http://isbi-tanahpapua.ac.id    
        85. Pendaftaran SNMPTN Universitas Papua : http://unipa.ac.id
        Itulah isu tentang Pendaftaran Online SNMPTN Tahun 2020 di snmptn.ac.id yang bisa dibagikan, biar postingan ini berfaedah buat kita semua, dan admin doakan biar kalian lulus dalam seleksi penerimaan ini sehingga sanggup membahagiakan kedua orang renta kalian.Aamiin.

        Sumber: www.snmptn.ac.id

        Salam Sukses dari Admin, Semangat Anak Muda, Anak Muda Harapan Dunia !!!