https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/--2020/2021–Bagi lulusan SMA/sederajat yang hendak melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi tetapi berasal dari keluarga kurang bisa secara ekonomi sanggup mengerjakan Pendaftaran Online KIP-Kuliah TA 2021/2022.

Pada tahun sebelumnya bahwa kandidat mahasiswa gres sanggup mendaftar kesibukan sokongan ongkos pendidikan Bidikmisi, pada tahun ini Bidikmisi sudah bermetamorfosis KIP-Kuliah.

Kartu Indonesia Pintar (KIP) ialah kesibukan sokongan ongkos pendidikan bagi anak sekolah berusia 6 s.d 21 tahun yang berasal dari keluarga miskin, rentan miskin yang memiliki Kartu Keluarga Sejahtera, dan peserta Program Keluarga Harapan (PKH).
KIP Kuliah ialah sokongan ongkos pendidikan bagi para siswa yang memiliki prestasi untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi tetapi memiliki kekurangan ekonomi atau berasal dari keluarga kurang bisa secara ekonomi.
KIP-Kuliah ialah salah satu komitmen pemerintah Republik Indonesia dalam mengembangkan pembangunan Sumberdaya Manusia lewat banyak sekali upaya cerdas.
Bagi yang hendak melanjutkan studi di perguruan tinggi lewat jalur SNMPTN, SBMPTN, SNMPN, SBMPN, Seleksi berdikari Perguruan Tinggi Negeri dan seleksi berdikari Perguruan Tinggi Swasta mampu mendaftar KIP-Kuliah sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.
Ayo Kuliah!! Ayo secepatnya cari kampus idamanmu. Kip-Kuliah menyediakan saluran terhadap seluruh siswa di Indonesia untuk menggapai hasrat lewat pendidikan tinggi.

Info Update CPNS 2021 cek di https://www.sscnbkn.win/

Dalam mengerjakan registrasi KIP-Kuliah silahkan siapkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK). 

A. Keunggulan KIP Kuliah

  1. Kuota KIP-Kuliah lebih dari 400.000 orang untuk tahun 2020
  2. Lebih banyak saluran pada pendidikan vokasi
  3. Sistem terintegrasi dengan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi
  4. Terbagi dalam 2 golongan (KIP Kuliah dan KIP Kuliah Afirmasi)
  5. KIP Kuliah Afirmasi meliputi:  Bantuan Biaya Program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) untuk ADik Papua, ADik Papua Barat dan ADik 3T
Bagi yang hendak mengerjakan Pendaftaran Online KIP-Kuliah TA 2021/2022 silahkan ikuti alur registrasi berikut ini. Namun sebelum mengerjakan registrasi untuk menyiapkan berkas standar KIP Kuliah apalagi dahulu.

B. Syarat Pendaftaran KIP-Kuliah

  1. Siswa SMA/sederajat lulusan tahun 2018,2019, dan 2020
  2. Memiliki NISN, NPSN, dan NIK
  3. Memiliki potensi akademik yang tinggi tetapi berasal dari keluarga kurang bisa secara ekonomi (dibuktikan dengan dokumen yang sah)
  4. Bagi siswa SMA/sederajat lulusan tahun berlangsung memiliki potensi akademik yang bagus dan memiliki Kartu KIP atau memiliki Kartu Keluarga Sejahtera
  5. Lulus seleksi pada Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta pada prodi (akreditasi A atau B),dan memungkinkan prodi dengan ratifikasi C tetapi dengan pertimbangan tertentu.

Selanjutnya apabila menyanggupi standar untuk mendaftar KIP-Kuliah menyerupai di atas, silahkan laksanakan registrasi dengan mengikuti alur registrasi di bawah ini.

C. Cara Pendaftaran Online KIP-Kuliah.

Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah dilaksanakan secara online. Adapun tahapan registrasi KIP Kuliah yakni selaku berikut.

  1. Login di https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id 
  2. Silahkan masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Email (yang masih aktif)
  3. Sistem akan memvalidasi NIK, NISN, dan NPSN. Selain itu metode akan memvalidasi apakah patut atau tidak menemukan KIP-Kuliah.
    Sistem KIP-Kuliah akan mengantarkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses kealamat email yang sudah didaftarkan
  4. Login kembali di https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id (menggunaan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses)
  5. Lengkapi proses registrasi dan pilih jalur seleksi (SNMPTN/ SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri)
  6. Selanjutnya laksanakan proses registrasi di Portal masing-masing jalur seleksi yang dipilih

Secara singkat registrasi KIP-Kuliah menyerupai pada gambar di bawah ini.

Gambar Alur Pendaftaran KIP-Kuliah

Perlu dipahami apabila metode registrasi KIP-Kuliah belum dibuka silahkan laksanakan registrasi apalagi dulu pada portal seleksi (seperti SNMPTN dan lainnya). Proses sinkronisasi akan dilaksanakan kemudian lewat bagan host-to-host.
Selain itu bagi kandidat akseptor KIP-Kuliah yang sudah dinyatakan lulus/diterima di Perguruan Tinggi sanggup dilaksanakan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi akseptor sebelum disarankan selaku kandidat mahasiswa akseptor KIP-Kuliah.

D. Fasilitas KIP-Kuliah

Selanjutnya apabila menemukan sokongan ongkos pendidikan KIP-Kuliah ini, maka akan menemukan akomodasi kesibukan KIP-Kuliah yang meliputi:

  1. Gratis ongkos pendaftaran
  2. Bebas ongkos registrasi jalur seleksi SBMPTN 2020 serta jalur seleksi lain yang ditetapkan masing-masing panitia dan Perguruan Tinggi.
  3. Penggantian ongkos perjalanan/kedatangan pertama sesuai dengan perundang-undangan
  4. Bebas ongkos pendidikan diperguruan tinggi
  5. Subsidi ongkos hidup sebesar Rp.700.000/bulan (disesuaikan pertimbangan masing-masing wilayah) 

E. Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah

  1. Pendaftaran Akun Siswa KIP-Kuliah tanggal 26 Februari s.d 31 Oktober 2020
  2. Pendaftaran KIP-Kuliah SNMPTN tanggal 02 Maret s.d 31 Maret 2020
  3. Pendaftaran KIP-Kuliah Seleksi Mandiri tanggal 18 Mei s.d 30 September 2020
  4. Pendaftaran KIP-Kuliah SNMPN tanggal 25 Februari s.d 13 Maret 2020
  5. Pendaftaran KIP-Kuliah UTBK-SBMPTN tanggal 18 Mei s.d 19 Juni 2020
  6. Pendaftaran KIP-Kuliah SBMPN tanggal 18 Mei s.d 24 Juni 2020
Baca Juga: Jadwal Pendaftaran PTN: SNMPTN, SBMPTN, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, SNMPN, SBMPN T.A 2021/2022
Itulah isu wacana Pendaftaran Online KIP-Kuliah TA 2021/2022. Silahkan lengkapi standar dan laksanakan registrasi sesuai dengan jadwal registrasi yang sudah ditentukan.
Semoga kalian seluruhnya sanggup diterima menjadi kandidat mahasiswa gres di Perguruan Tinggi sesuai dengan Prodi opsi masing-masing dengan prestasi yang membanggakan. Aamiin!!!.
Sumber: https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id
Salam Sukses, Semangat Anak Muda, Anak Muda Harapan Indonesia!!!