pmb.unpar.ac.id–2020/2021–Universitas Kristen Parahyangan (UNPAR) merupakan sekolah tinggi tinggi katolik yang berada di Jalan Ciumbuleuit No.94, Bandung, Jawa Barat. Universitas ini berdiri pada tanggal 17 Januari 1955 yang permulaan berdiri berjulukan Akademi Perniagaan dan berganti menjadi Perguruan Tinggi Sosio-Ekonomi ditahun yang serupa pada bulan Agustus.

Dengan perkembangan sekolah tinggi tinggi ini yang sungguh pesat maka pada tahun 1961 Universitas ini resmi berganti nama menjadi Universitas Kristen Parahyangan yang berganti nama dari Perguruan Tinggi Kristen Parahyangan.
Pada postingan ini akan diterangkan secara terperinci tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru UNPAR Jenjang D3,S1,S2,S3 T.A 2021/2022 yang dapat kalian jadikan rujukan dalam mendaftarkan diri menjadi mahasiswa gres di Universitas Kristen Parahyangan atau UNPAR.
Banyak sekali Program Studi atau Jurusan di UNPAR yang sudah menyandang legalisasi dengan nilai “A” seumpama Program Studi: Ekonomi Pembangunan, Manajeen, Akuntansi, Ilmu Hukum,Ilmu Administrasi Publik, Ilmu tata kelola Bisnis, Ilmu Hubungan Internasional, Teknik Sipil, Arsitektur, Ilmu Filsafat, Teknik Industri, Teknik Kimia, Matematika, dan Fisika.
Kaprikornus mutu pendidikan di Universitas Kristen Parahyangan (UNPAR) tidak disangsikan lagi, sudah banyak Program Studi di UNPAR sudah terbukti mutu pendidikannya.
Saat ini Universitas Kristen Parahyangan (UNPAR) memiliki 7 Fakultas yang terdapat beberapa Program Studi dan 1 Program Pascasarjana untuk jenjang Magister dan Doktoral. 
Berikut yakni Fakultas dan Program Studi yang terdapat di UNPAR yang dapat kalian jadikan referensi, apakah terdapat Program Studi yang kalian harapkan terdapat di Universitas Kristen Parahyangan (UNPAR).


Info Update CPNS 2021 cek di https://www.sscnbkn.win/

Fakultas dan Program Studi atau Jurusan di UNPAR

Fakultas Ekonomi

  1. Program Studi Manajemen Perusahaan (D3)
  2. Program Studi Ekonomi Pembangunan
  3. Program Studi Manajemen
  4. Program Studi Akuntansi

Fakultas Teknik

  1. Program Studi Teknik Sipil
  2. Program Studi Arsitektur

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

  1. Program Studi Ilmu Administrasi Publik
  2. Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
  3. Program Studi Ilmu Hubungan Internasional

Fakultas Hukum

  1. Program Studi Ilmu Hukum

Fakultas Teknologi Informasi dan Sains

  1. Program Studi Fisika
  2. Program Studi Matematika
  3. Program Studi Informatika

Fakultas Filsafat

  1. Program Studi Ilmu Filsafat

Fakultas Teknologi Industri

  1. Program Studi Teknik Elektro
  2. Program Studi Teknik Kimia
  3. Program Studi Teknik Industri

Sekolah Pascasarjana

  1. Magister Manajemen
  2. Magister Ilmu Hukum
  3. Magister Teknik Sipil
  4. Magister Arsitektur
  5. Magister Hubungan Internasional
  6. Magister Ilmu Sosial
  7. Magister Ilmu Teologi
  8. Magister Teknik Kimia
  9. Magister Teknik Industri
  10. Magister Administrasi Bisnis
  11. Doktor Ilmu Ekonomi
  12. Doktor Ilmu Hukum
  13. Doktor Ilmu Teknik Sipil
  14. Doktor Arsitektur

Itulah informasi tentang Fakultas dan Jurusan yang terdapat di Universitas Kristen Parahyangan (UNPAR). Selanjutnya akan diberikan informasi tentang registrasi mahasiswa gres (PMB) di UNPAR.

Informasi PMB UNPAR

Pada tahun ini Universitas Kristen Parahyangan (UNPAR) menerima mahasiswa gres dengan banyak sekali jalur penerimaan, yaitu: (1) Jalur PMDK, (2) Jalur USM, dan (3) Jalur Mahasiswa Asing.

1. Jalur PMDK UNPAR

Penelusuran Minat dan Kemampuan atau yang disingkat PMDK ialah jalur seleksi penerimaan mahasiswa gres yang dilaksanakan UNPAR dengan proses seleksi menurut nilai raport Mata Pelajaran Wajib kelas X dan kelas XI untuk nilai teori dan nilai praktik. Dengan nilai prasyarat tidak kurang dari nilai KKM.

Pendaftar jalur PMDK cuma sanggup memutuskan 1 (satu) Program Studi di UNPAR dan pendaftar lewat jalur PMDK cuma sanggup ditangani sekali, apabila sudah mendaftar lewat jalur PMDK dan tidak lulus tidak diperkenankan untuk mendaftar kembali lewat jalur PMDK.

Pendaftar jalur PMDK dikhususkan bagi siswa yang sedang duduk di kelas XII dan akan lulus pada tahun 2020. Selain itu pendaftar jalur PMDK mesti memiliki minat dan semangat yang tinggi untuk menempuh pendidikan di UNPAR.

Selain tolok ukur di atas ada beberapa tolok ukur khusus bagi pelamar yang mengambil jurusan Program Studi Arsitektur yakni mesti melampirkan hasil gambar sesuai dengan isyarat soal dan ketentuan, dan bagi yang mengambil Program Studi Teknik Kimia dan Teknik Elektro mengupload Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata.

2. Jalur Ujian Saringan Masuk (USM)

USM atau kepanjangan dari Ujian Saringan Masuk ialah seleksi penerimaan mahasiswa gres yang dilaksanakan oleh UNPAR dengan proses seleksi menurut pada cobaan tertulis.

Apabila kalian berkeinginan untuk masuk menjadi mahasiswa gres di UNPAR, kalian sanggup mendaftar lewat jalur USM dengan cara pendaftarannya ditangani secara online. Apabila akan melakukan registrasi silahkan kalian login di: https://pmb.unpar.ac.id/register. Isi form registrasi secara benar dan lengkap.

Persyaratan Pendaftaran USM UNPAR

Ada beberapa tolok ukur yang perlu kalian lengkapi untuk mendaftarkan diri menjadi mahasiswa gres UNPAR lewat jalur USM. Adapun persyaratannya yakni selaku berikut:

Persyaratan Pendaftaran

  1. Memiliki semangat tinggi untuk kuliah di UNPAR, dan apabila dinyatakan lulus seleksi serta lulus UN Sekolah Menengan Atas akan daftar ulang selaku mahasiswa baru
  2. Pendaftaran UNPAR lewat jalur USM sanggup memutuskan tiga (3) Prodi sekaligus, tetapi opsi ke-3 nya mesti memilihh salah satu prodi berikut ini:Ekonomi Pembangunan, Ilmu Administrasi Publik, Teknik Elektro, Matematika, Fisika, D3 Manajemen Perusahaan.
  3. Melampirkan Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari DOkter Spesialias Mata Bagi pendaftar yang mengambil Prodi Teknik Kimia dan Teknik Elektro
  4. Melampirkan FC akte kelahiran atau paspor
  5. Surat Keterangan Jurusan apa di saat Sekolah Menengan Atas yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah atau bisa melampirkan FC Ijazah Sekolah Menengan Atas yang sudah dilegalisir

Biaya Pendafatran

Biaya registrasi jalur USM UNPAR sebesar Rp.250.000 bagi yang mengambil agenda Sarjana, dan Rp.150.000 bagi yang mengambil Program Diploma III

3. Jalur Pendaftaran Mahasiswa Asing

Apabila kalian yang berasa dari mancanegara (mahasiswa asing) ingin melanjutkan studi di UNPAR silahkan tanyakan secara eksklusif ke Kantor Internasional dan Kerjasama.

Saat ini UNPAR memiliki koordinasi terhadap pihak asing, yakni koordinasi dengan Hohai University, China. Kerjasama pada Master Degree Program in Water Resources Engineering. dan koordinasi dengan Jiangsu University, China pada Master Degree Program in Business Administration.

Itulah informasi tentang registrasi mahasiswa gres yang dilaksanakan di Universitas Kristen Parahyangan (UNPAR). Ada beberapa jalur penerimaan yang dapat kalian ikuti apabila akan mendaftarkan diri menjadi mahasiswa di UNPAR. Silahkan lakukan registrasi sesuai jalur yang kalian minati.

Sumber: unpar.ac.id

Motivasi Situs!

Salam Sukses, Semangat Anak Muda, Anak Muda Harapan Indonesia!!!