https://www.sscnbkn.id–https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/–2020/2021–Pada postingan ini akan diberikan isu seputar pendaftaran Kip-Kuliah pada tahun 2020. Semoga postingan ini sanggup dijadikan tumpuan untuk mendaftarkan diri pada aktivitas Kip-Kuliah.
KIP Kuliah merupakan pertolongan ongkos pendidikan bagi para siswa yang memiliki prestasi untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi tetapi memiliki kekurangan ekonomi atau berasal dari keluarga kurang bisa secara ekonomi.
KIP-Kuliah merupakan salah satu komitmen pemerintah Republik Indonesia dalam mengembangkan pembangunan Sumberdaya Manusia lewat banyak sekali upaya cerdas.
Bagi yang mau melanjutkan studi di perguruan tinggi lewat jalur SNMPTN, SBMPTN, SNMPN, SBMPN, Seleksi berdikari Perguruan Tinggi Negeri dan seleksi berdikari Perguruan Tinggi Swasta sanggup mendaftar KIP-Kuliah sesuai dengan aktivitas yang sudah ditentukan.
Ayo Kuliah!! Ayo secepatnya cari kampus idamanmu. Kip-Kuliah menampilkan saluran terhadap seluruh siswa di Indonesia untuk menggapai kesempatan lewat pendidikan tinggi.
Dalam menjalankan pendaftaran KIP-Kuliah silahkan siapkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK). 
A. Keunggulan KIP-Kuliah
KIP-Kuliah memiliki beberapa keunggulan yakni.
  1. Kuota KIP-Kuliah lebih dari 400.000 orang untuk tahun 2020
  2. Lebih banyak memberi saluran terhadap Pendidikan vokasi
  3. Sistem terintegrasi dengan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi.
  4. KIP Kuliah terbagi menjadi 2 kekompok yakni KIP Kuliah dan KIP Kuliah Afirmasi
  5. KIP Kuliah Afirmasi, antara lain mencakup Bantuan Biaya Program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) untuk ADik Papua, ADik Papua Barat dan ADik 3T.

B. Persyaratan Pendaftaran KIP-Kuliah
Persyaratan untuk mendaftar Program KIP Kuliah Tahun 2020 merupakan selaku berikut:
  1. Lulus SMA/sederajat pada tahun ini atau optimal lulus 2 tahun yang lalu
  2. Siswa SMA/sederajat yang lulus  pada tahun berjalan  dengan  potensi akademik baik dan memiliki Kartu KIP
  3. Siswa SMA/sederajat yang lulus  pada tahun berjalan  dengan  potensi akademik baik dan memiliki Kartu Keluarga  Sejahtera
  4. Memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid
  5. Memiliki potensi akademik yang bagus tetapi memiliki kekurangan ekonomi (didukung dokumen sah)
  6. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.

C. Jadwal atau Waktu Pendaftaran KIP-Kuliah 2021/2022

  1. Pendaftaran Akun Siswa KIP-Kuliah tanggal 26 Februari s.d 31 Oktober 2020
  2. Pendaftaran KIP-Kuliah SNMPTN tanggal 02 Maret s.d 31 Maret 2020
  3. Pendaftaran KIP-Kuliah Seleksi Mandiri tanggal 18 Mei s.d 30 September 2020
  4. Pendaftaran KIP-Kuliah SNMPN tanggal 25 Februari s.d 13 Maret 2020
  5. Pendaftaran KIP-Kuliah UTBK-SBMPTN tanggal 18 Mei s.d 19 Juni 2020
  6. Pendaftaran KIP-Kuliah SBMPN tanggal 18 Mei s.d 24 Juni 2020
Baca Juga: Jadwal Pendaftaran PTN: SNMPTN, SBMPTN, SPAN-PTKIN, PMDK-PN T.A 2021/2022

Jangan hingga kalian melalui waktu pendaftaran yang sudah ditentukan. Karena, apabila kalian melampaui deadline yang diputuskan berkas atau dokumen pendaftaran tidak dapat dilayani. Sehingga usaha Anda untuk menggapai asa sudah hilang.

Banyak sekali jalur penerimaan yang dapat kalian ikuti dengan mendaftar lewat ongkos bidikmisi. Selain perguruan tinggi negeri beasiswa bidikmisi juga disertai oleh beberapa perguruan tinggi swasta. Namun tidak semua Perguruan Tinggi Swasta menawarkan beasiswa bidikmisi ini.

Bidikmisi sekarang dirubah menjadi Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K), dan kandidat peserta akseptor KIP-K silahkan pelajari apalagi dulu mekanisme pendaftaran aktivitas KIP Kuliah.
Silahkan Baca Ketentuan KIK-Kuliah dan ADIK di:

  1. http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/
  2. http://adik.kemdikbud.go.id/

Atau kalian sanggup membaca di:


Info Update CPNS 2021 cek di https://www.sscnbkn.win/

Pendaftaran Online KIP-Kuliah TA 2021/2022

Bagi kalian yang mau melanjutkan ke Perguruan Tinggi tetapi memiliki halangan dalam hal ekonomi silahkan daftarkan diri kalian lewat aktivitas bidikmisi. Artikel ini akan menerangkan secara lugas wacana Menggapai Asa Melalui Pendaftaran Bidikmisi 2020.
Saat ini Pemerintah berkomitmen untuk memutus mata rantai kemiskinan lewat Pendidikan Tinggi dengan aktivitas Bidikmisi. Sehingga dengan adanya aktivitas Bidikmisi ini akan mengembangkan Angka Partisipasi Kasar (APK) Pendidikan Tinggi.
Pada tahun 2020 kuota bidikmisi sudah ditingkatkan hingga meraih 50% lebih tinggi dari pada tahun sebelumnya. 
Apabila kalian lulus pada aktivitas bidikmisi maka akan mendapat akomodasi yang cocok dengan ketentuan bidikmisi.

Silahkan baca: Fasilitas dan Jangka Waktu Penerima Bidikmisi TA 2021/2022

Berdasarkan laman resmi Bidikmisi berniat untuk mengembangkan saluran dan peluang menuntut ilmu di perguruan tinggi; mengembangkan prestasi mahasiswa;menjamin keberlangsungan studi mahasiswa dengan sempurna waktu; dan melahirkan lulusan yang mandiri, produktif serta memiliki kepedulian sosial sehingga bisa berperan dalam upaya pemutusan  mata rantai kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat.
Untuk mendapat Bidikmisi ini ada beberapa ketentuan atau standar Bidikmisi yang mesti kalian miliki. Adapun tentang standar bidikmisi 2020 merupakan selaku berikut.

A. Persyaratan Bidikmisi untuk Calon Penerima

  1. Lulus satuan pendidikan SMA/MA/Sederajat pada tahun 2018 dan 2019
  2. Belum pernah mendapat Bidikmisi

Adapun aktivitas pendaftaran bidikmisi 2020 merupakan selaku berikut:

C. Tata Cara Pendaftaran Bidikmisi 2021/2022

Pendaftaran Bidikmisi di awali dengan pendaftaran oleh pihak sekolah dan dilanjutkan oleh masing – masing siswa.

Selengkapnya baca: Tata Cara Pendaftaran Bidikmisi TA 2021/2022

1. Pendaftaran Bidikmisi Pihak Sekolah

 
Langkah pertama apabila akan menjalankan pendaftaran Bidikmisi 2020 pihak sekolah menjalankan pendaftaran apalagi dahulu. Proses pendaftaran dijalankan secara online dengan login di http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/  .Apabila sudah login maka akan timbul laman menyerupai pada gambar di bawah ini.

Gambar Menu Pendaftaran Bidikmisi




Pilihlah atau klik santapan Sekolah menyerupai yang tertera pada tanda panah di atas.


Setelah itu akan timbul dua opsi santapan pendaftaran. Menu pertama Sudah Terdaftar dan santapan kedua  Belum Terdaftar.

Menu yang tertera menyerupai pada gambar di bawah ini

Gambar Menu Pilihan Pihak Sekolah Pendaftar Bidikmisi

a. Pendaftaran Bagi Sekolah yang Belum Terdaftar

Apabila sekolah yang mau mendaftarkan siswanya untuk mengikuti Bidikmisi tetapi belum pernah mendaftar silahkan pilih santapan belum terdaftar menyerupai pada gambar di atas.

Silahkan cari sekolah kalian dengan menggunakan NPSN atau nama sekolah. Seperti yang tertera pada gambar di di bawah ini.

Apabila daftar sekolah kalian sudah ditemukan, langkah berikutnya silahkan isi form yang sudah tersedia. Form yang terdapat pada laman meliputi:

  1. NPSS (isi NPSS secara benar. Apabila didapatkan NPSS tidak valid atau tidak didapatkan silahkan lapor ke dinas pendidikan kabupaten/kota dimana sekolah berada)
  2. Nama Sekolah (Isi nama sekolah secara lengkap)
  3. Alamat Sekolah (Alamat sekolah mesti lengkap yang gampang didapatkan tentang surat menyurat mencakup jalan, nomor alamat, kecamatan, kabupaten/kota)
  4. Provinsi (Isi secara  lengkap dan benar)
  5. Pilihlah Provinsi pada form yang tersedia
  6. Kota (Pilihlah Kota sesuai dengan alamat sekolah)
  7. Email Sekolah (masukkan alamat email sekolah)
  8. Nomor Telepon Sekolah (Isilah nomor telepon sekolah yang dapat dihubungi, sertakan isyarat area telpon)
  9. Nama Kepala Sekolah (Isi nama Kepala Sekolah secara lengkap beserta gelarnya)
  10. Email Kepala Sekolah (Isikan alamat email Kepala Sekolah yang masih aktip)
  11. Nomor Telepon Kepala Sekolah (Isikan No Telepon Kepala Sekolah yang AktiP)
  12. Status Sekolah (Isikan status Sekolah secara benar)
  13. Akreditasi (Isikan status Akreditasi Sekolah Saat ini)
  14. Jenis Sekolah (Pilihlah jenis sekolah yang tersedia menurut jenis sekolah kalian)
  15. Melampirkan lembar perjanjian bahwa data yang diisi atau dimasukkan merupakan benar
  16. Kode Verifikasi (Mendapatkan isyarat verifikasi tulis dan simpan baik-baik)

Apabila proses pendaftaran pihak sekolah berhasil atau berhasil maka akan ada pesan berhasil pada laman pendaftaran. (untuk bukti pendaftaran Bidikmisi pihak sekolah juga diantarkan di email sekolah dikala kalian mengisi form tadi).

Itulah tata cara pendaftaran Bidikmisi oleh pihak Sekolah apabila selama ini belum pernah mendaftarkan Sekolahnya pada aktivitas Bidikmisi. Sedangkan bagi sekolah yang sudah pernah mendaftarkan diri pada aktivitas Bidikmisi, pendaftarannya merupakan selaku berikut:

b. Pendaftaran Bagi Sekolah yang SudahTerdaftar

Bagi sekolah kalian yang sudah pernah mendaftar aktivitas Bidikmisi, silahkan pilih santapan sudah terdaftar yang tertera pada laman pendaftaran (Menu sudah terdaftar menyerupai pada gambar santapan opsi sekolah pada gambar di atas)

Silahkan masukkan NPSN sekolah kalian dan Kode Akses pada santapan yang tersedia (Kode Akses didapatkan dikala pendaftaran pada poin a di atas).

Centanglah santapan Biarkan tetap masuk apabila kalian akan masuk lagi sebuah dikala secara otomatis tanpa memasukkan NPSS dan Kode Akses.

Selanjutnya seleksilah atau klik menu Masuk

Apabila proses masuk berhasil. Kalian akan digiring ke laman pendaftaran. Apabila data isu sekolah kalian di tata cara Bidikmisi sama dengan data isu sekolah kalian di tata cara PDSPK.

Jika kedua data isu tersebut terdapat perbedaan, kalian akan digiring pada proses verifikasi. Silahkan verifikasi data sekolah kalian.

Pada dikala proses verifikasi Jika sekolah kalian Sama tetapi berlainan penulisannya silahkan Ganti Nama Sekolah pada santapan yang tersedia. Sedangkan kalau nama sekolah berlainan yang tidak cocok dengan sekolah kalian silahkan cari nama sekolah kalian pada santapan yang disediakan. (apabila sudah selesai simpan data sekolah kalian dengan mengklik santapan simpan).

Apabila proses login berhasil langkah berikutnya merupakan pengisian data rekomendasi masing-masing siswa yang mau didaftarkan pada aktivitas Bidikmisi.

Silahkan klik atau pilih santapan rekomendasi menyerupai yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Adapun hal-hal yang perlu diisi dikala proses rekomendasi merupakan sebagi berikut:

1. Data UNAS 

Silahkan klik pada santapan Tambah Data pada laman yang tersedia. Silahkan klik pada santapan menyerupai yang tertera pada gambar di bawah ini.

Silahkan isi secara lengkap dan benar.
Disarankan untuk mengevaluasi kembali sebelum menyimpan data.

Apabila data UNAS yang dimasukkan dirasa sudah benar silahkan klik simpan. Carilah santapan menyerupai pada gambar di bawah ini.

2. Data Prestasi

Tata cara pengisian data prestasi sama halnya dengan pengisian data UNAS di atas. Namun yang membedakan hanyalah form yang tertera pada laman.

Isilah form yang tersedia secara lengkap dan benar. Form yang perlu diisi atau diseleksi tentang data prestasi merupakan :

  • Nama Prestasi
  • Tahun Mendapatkan Prestasi
  • Jenis Prestasi
  • Tingkat Prestasi
  • Tingkat Pendapaian

Selanjutnya pada tahap ini sudah diisi secara lengkap dan benar. Silahkan rekomendasi siswa kalian masing masing dengan memutuskan atau mengklik santapan rekomendasi yang tertera pada laman tersebut. Menu rekomendasi siswa menyerupai pada gambar di bawah ini.

Apabila santapan rekomendasi siswa sudah kalian klik maka kalian akan digiring pada proses impor. Silahkan klik santapan Mulai Proses Impor yang tersedia pada laman. Gambar santapan mulai proses impor menyerupai yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Selanjutnya apabila santapan proses impor sudah kalian klik maka kalian akan digiring pada laman menyerupai gambar di bawah ini.

Proses ini dijalankan untuk mengimpor data seluruh siswa sekolah kalian yang terdaftar pada tata cara PDSPK biar terimpor ke tata cara Bidikmisi.

Apabila proses impor berhasil atau selesai maka laman kalian akan timbul menyerupai pada gambar di bawah ini.

 Selanjutnya silahkan pilih santapan Rekomendasi Siswa menyerupai yang terlihat pada gambar di atas.

Maka, apabila kalian sudah mengkliknya maka akan timbul laman menyerupai yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Silahkan isi Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) siswa kalian yang mau direkomendasikan untuk mengikuti Bidikmisi. (Apabila siswa yang mau direkomendasikan belum memiliki NISN silahkan proses pengurusan di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dimana sekolah kalian berada).

Apabila NISN sudah dimasukkan silahkan klik menu Rekomendasi di atas.
Apabila proses rekomendasi berhasil maka kalian akan digiring ke laman menyerupai yang terlihat pada gambar di bawah ini.


Penting!
Pada tahap ini mohon dicatat No Pendaftaran dan Kode Akses yang mau digunakan pada tahap pendaftaran selanjutnya.

2. Pendaftaran Bidikmisi Masing-Masing Siswa

Apabila pendaftaran pihak sekolah sudah selesai dilakukan.

Selanjutnya masing-masing siswa peserta bidikmisi untuk menjalankan pendaftaran menggunakan nomor pendaftaran dan kode saluran yang diberikan oleh pihak sekolah. (tanyakan terhadap pihak sekolah apakah diri kalian sudah direkomendasikan atau belum).

Nomor pendaftaran dan isyarat saluran tersebut didapat dikala pendaftaran pihak sekolah sudah dilakukan.

Apabila kalian sudah mendapat nomor pendaftaran dan isyarat saluran yang diberikan oleh pihak sekolah.

Silahkan laksanakan pendaftaran dengan mengikuti langkah berikut ini.
Login ke laman  http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/ pada laman tersebut akan timbul menyerupai gambar di bawah ini


Silahkan pilih santapan Siswa yang tertera pada laman menyerupai yang terlihat pada gambar di atas.
Apabila sudah diklik maka kalian akan digiring pada laman menyerupai yang terlihat pada gambar di bawah ini.



Pada gambar di atas. Untuk no 1 merupakan bagi siswa yang sudah direkomendasikan oleh pihak sekolah dan sudah mendapat Nomor Pendaftaran dan Kode Akses.

Silahkan isi Nomor Pendaftaran dan Kode Akses kemudian klik santapan masuk seperti yang terlihat pada gambar di atas.

Untuk no 2 khusus bagi siswa yang  mendaftar lewat pembaruan akun. Menu ini bagi pelamar bidikmisi dimana pada tahun 2017 sudah pernah mendaftar aktivitas Bidikmisi dan sudah memiliki nomor pendaftaran dan isyarat saluran tetapi belum diterima. Silahkan perbarui akun kalian.

Sedangkan untuk no 3 merupakan pendaftaran secara pribadi tanpa lewat pihak sekolah. Pendaftaran secara pribadi ini dikhususkan bagi pelamar yang sudah memiliki KIP atau BSM atau KPS.

Apabila kalian berhasil login maka akan digiring kelaman menyerupai yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Silahkan isikan identitas pribadi kalian yang meliputi:

  1. Biodata (Isikan biodata secara lengkap dan benar)
  2. Kondisi Ekonomi (Mengenai keadaan ekonomi Orang Tua kalian)
  3. Data Keluarga (Data tentang daftar dan status keluarga kalian)
  4. Kondisi Rumah (Kondisi rumah yang ditempati kalian dikala ini dengan Orang Tua)
  5. Aset Keluarga (Mengenai aset yang dimiliki oleh orang renta atau keluarga)
  6. Rencana Hidup (Rencana hidup/tinggal dikala di Perguruan Tinggi tujuan)
  7. Jalur Seleksi (Silahkan pilih jalur seleksi)

Mengenai ketujuh identitas yang perlu kalian isikan di atas silahkan baca selengkapnya di bawah ini.

A. Biodata Siswa

Mengenai biodata yang perlu kalian isi yaitu:

  1. Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), bagi yang belum memiliki NISN bisa menggunakan NIS sekolah dengan menyertakan angka 0 dibelakang NIS dengan jumlah 10 digit atau NIS dan angka 0 mesti berjumlah 10 (misalkan NIS 1234 maka menjadi 1234000000).
  2. Nama Siswa, (Isikan nama kalian sesuai dengan ijazah kalian)
  3. Jenis Kelamin, (Sesuai dengan jenis kelamin kalian)
  4. Agama, (Sesuai dengan Agama kalian)
  5. Tempat Lahir
  6. Tanggal Lahir, (Tempat dan tanggal lahir sesuaikan dengan Ijazah kalian)
  7. Alamat, (Isikan alamat yang gampang dihubungi lewat surat menyurat)
  8. Email, (Isikan alamat email kalian yang masih aktip)
  9. Kode Pos, (Isikan isyarat pos dimana kalian tinggal, apabila kalian lupa silahkan serching di internet)
  10. Nomor Telepon, (Kosongkan kalau tidak ada)
  11. Nomor Handphone (Isikan NO HP yang masih aktip, kosongkan kalau tidak ada)

Apabila identitas diri kalian sudah kalian lengkapi silahkan klik santapan simpan.
Disarankan sebelum mengklik santapan simpan untuk dicek sekali lagi apakah identitas kalian sudah sesuai.

B. Kondisi Ekonomi

Mengenai keadaan ekonomi yang perlu kalian isi adalah:

  1. Pekerjan Ayah/Wali
  2. Penghasilan Ayah (silahkan pilih yang cocok dengan penghasilan Ayah)
  3. Bantuan Pemerintah (jika ada)
  4. Pekerjaan Ibu
  5. Penghasilan Ibu (Pilih yang cocok dengan penghasilan Ibu)
  6. Total Hutang Kepada Pihak Lain (Isikan kalau ada tanpa tanda titik atau koma)
  7. Cicilan Hutang Dibayar Per Bulan (Isikan kalau ada tanpa tanda titik atau koma)
  8. Total Piutag Kepada Pihak Lain (Isikan kalau ada tanpa tanda titik atau koma)
  9. Cicilan Piutang Dibayar Per Bulan (Isikan kalau ada tanpa tanda titik atau koma)
  10. Tabungan Keuarga (Meliputi bentu tabungan/Kas/Giro/Sejenisnya

Pada form ekonomi ini apabila kalian sudah mengklik simpan maka data yang kalian masukkan tidak sanggup dirubah kembali.

Maka, dianjurkan sebelum mengklik simpan mohon untuk mengevaluasi sekali lagi apakah data yang kalian masukkan sudah benar.

C. Data Keluarga

Data keluarga yang perlu diisin atau diseleksi pada form merupakan :

  1. Nama Ayah
  2. Status Ayah
  3. Status Hubungan
  4. Hubungan Wali (Misalkan relasi dengan Ayah merupakan Wali)
  5. Pendidikan Ayah
  6. Pekerjaan Ayah
  7. Detail Ayah (Meliputi: Profesi Ayah, Tempat Bekerja, Berapa Lama Bekerja, Jadwal Kerja, Kondisi Kesehatan, dan Kondisi Karir/profesinya)
  8. Nama Ibu
  9. Status Ibu
  10. Pendidikan Ibu
  11. Pekerjaan Ibu
  12. Detail Ibu (sama halnya dengan rincian Ayah)
  13. Jumlah Tanggungan (jumlah yang perlu ditanggung orang tua/wali, tidak tergolong Ayah dan Ibu)
  14. Nomor Telepon Orang Tua (kosongkan kalau tidak ada)

Silahkan klik simpan apabila data keluarga sudah kalian isi dengan benar.
Selanjutnya pilih panel foto yang tersedia pada laman untuk proses upload foto keluarga (maksimum ukuran 300kb).

D. Prestasi

Silahkan isi prestasi kalian (untuk lampiran akta dihentikan melampaui 300kb)

E. Rumah

Form kawasan tinggal atau rumah yang mesti dan diisi atau memutuskan pada laman pendaftaran adalah:

  1. Kepemilikan
  2. Tahun Perolehan
  3. Sumber Listrik
  4. Daya Listrik
  5. Luas Tanah (dalam meter persegi)
  6. NJOP/Meter (berdasarkan dokumen resmi, tulis 0 apabila tidak ada dokumen resmi dan apabila ada tu;is dengan tidak ada tanda titik atau koma)
  7. Luas Bangunan (dalam meter persegi)
  8. Bahan Atap
  9. Bahan Lantai
  10. Bahan Tembok
  11. Mandi Cuci Kakus
  12. Sumber Air Utama
  13. Jarak dari Pusat Kota
  14. Jumlah Orang Tinggal (termasuk Ayah dan Ibu)

F. Aset

Penambahan klasifikasi aset pada form pendaftaran meliputi:

  1. Nama Barang/Aset
  2. Merk/Tipe
  3. Jenis Barang
  4. Tahun Perolehan
  5. Metode Perolehan
  6. Kondisi Barang/Aset
  7. Harga Beli
  8. Estimasi Nilai Barang Saat Ini

Penambahan ini apabila keluarga siswa memiliki aset. Untuk laman pengisian aset menyerupai pada gambar di bawah ini. SIlahkan tekan tombol santapan tambah aset untuk menyertakan aset keluarga pelamar Bidikmisi

G. Rencana Hidup/Tinggal

Rencana tinggal/hidup ini diisi untuk menyaksikan bagaimana kalian pendaftar Bidikmisi nantinya apabila diterima di perguruan tinggi. Diantaranya apakah kalian akan tinggal bareng keluarga, kos, pesantren, dan lain sebagainya.

Adapun form yang mesti diisi pada laman ini meliputi:

  1. Rencana Tinggal
  2. Dukungan Keluarga
  3. Transportasi Asal
  4. Transportasi Harian
  5. Biaya Transportasi

H. Seleksi

Pada laman seleksi ini kalian cuma bisa mengaksesnya atau membukanya apabila semua data yang wajib diisi pada form pendaftaran sudah kalian isi semuanya.

Beberapa perjanjian yang perlu kalian ketahui sebelum melanjutkan ke santapan seleksi adalah:

  1. Penghasilan Orang Tua
  2. Dampak Pemalsuan Data
  3. Ketentuan yang Mengharuskan Siswa atau Pelamar Mendaftar Seleksi Masuk Perguruan Tinggi

Selanjutnya apabila sudah mengerti dan menyepakati dengan cara mencentang semua tanda bertuliskan “Saya Memahami” maka dilanjutkan untuk mengklik pada santapan Proses Selanjutnya. Maka kalian akan digiring terhadap opsi jalur pendaftaran.

Adapun jalur pendaftaran masuk perguruan tinggi lewat aktivitas Bidikmisi yakni jalur pendaftaran: PMDK-PN, SNMPTN, SBMPTN, Seleksi Mandiri PTN, Seleksi Mandiri PTS, UMPN, SPAN-PTKIN, dan lainnya.

Silahkan baca:

  1. Pendaftaran Online PMDK-PN T.A 2021/2022
  2. Pendaftaran SNMPTN Tahun 2020 Bagi Lulusan SMA/Sederajat
  3. Jalur Pendaftaran SBMPTN 2020 Telah Dibuka
  4. Jalur Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Negeri 2020
  5. Jalur Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Swasta 2020
  6. Panduan Pendaftaran Jalur UM-PTKIN 2020
  7. Pendaftaran Online SPAN-PTKIN 2021/2022
  8. dan lain-lain

Apabila kalian sudah selesai memutuskan jalur seleksi langkah terakhir silahkan cetak formulir pendaftaran dan simpan formulir tersebut.

Formulir itu digunakan untuk daftar ulang dan lain sebagainya yang berhubungan dengan Bidikmisi.

Atau lebih singkatnya tentang pendaftaran Bidikmisi silahkan ikuti alur pendaftaran pada gambar di bawah ini.

Bagi kalian pelamar bidikmisi lewat jalur SNMPTN dan SBMPTN, silahkan laksanakan pendaftaran dengan mengikuti alur pendaftaran bidikmisi menyerupai pada gambar di bawah ini.

 Gambar Alur Pendaftaran Bidikmisi Jalur SNMPTN dan SBMPTN

Sedangkan, kalian pelamar bidikmisi lewat jalur PMDK-PN,UMPN, dan Mandiri, silahkan laksanakan pendaftaran dengan mengikuti alur pendaftaran bidikmisi menyerupai pada gambar di bawah ini.

 Gambar Alur Pendaftaran Bidikmisi Jalur PMDK-PN,UMPN-Mandiri

Kami doakan mudah-mudahan Kalian sekalian sanggup mendapat beasiswa Bidikmisi ini untuk kepentingan pendidikan. Saran dari kami jangan putus kesempatan untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi cuma alasannya uang. Terima kasih.

Sumber : http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/

Salam Sukses, Semangat Anak Muda, Anak Muda Harapan Indonesia!!!