SSCN.BKN.go.id 2021/2022 — Cara Pendaftaran Online CPNS di SSCN.BKN.go.id, Langkah Pendaftaran CPNS di SSCN.BKN.go.id, Tata Cara Mengisi Formulir Pendaftaran di SSCN.BKN.go.id, Cara Registrasi Online SSCN BKN, Panduan Pendaftaran SSCN BKN go id, Cara Mendaftar CPNS Online, Proses Pendaftaran CPNS di SSCN.BKN.go.id, Panduan Pendaftaran CPNS. 2020. 2021.
Pada peluang yang bagus ini, admin akan menyodorkan keterangan tentang Cara Pendaftaran Online CPNS di SSCN.BKN.go.id 2021/2022. Informasi ini diberikan dengan tujuan sanggup menyediakan tutorial terhadap anda dalam melakukan proses registrasi CPNS. Untuk mengenali informasinya, mari kita ikuti pembahasan selengkapnya berikut ini.
 Tata Cara Mengisi Formulir Pendaftaran di SSCN Cara Pendaftaran Online CPNS di SSCN.BKN.go.id 2021-2022

Informasi ini ialah keterangan lanjutan dari Pendaftaran CPNS Online di SSCN.BKN.go.id. Bagi yang belum membaca keterangan tersebut, silahkan baca apalagi dahulu.

CPNS atau yang memiliki kepanjangan Calon Pegawai Negeri Sipil yakni orang-orang yang mau menjadi Pegawai Negeri Sipil kalau sudah dinyatakan lulus seleksi CPNS. Suatu sanjungan tersendiri kalau kita sanggup lulus seleksi CPNS.
Sebagian besar orang di Indonesia menginginkan dirinya sanggup menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS). Hal tersebut terlihat dari bergairah penduduk yang mendaftarkan dirinya mengikuti seleksi CPNS, misalnya saja dilihat dari pembukaan CPNS tahun kemudian yang pesertanya meraih sekitar 2,5 juta peserta.
Dari tahun ke tahun-tahun, penerima CPNS kian meningkat. Hal itu pula diiringi dengan kenaikan atau perkembangan teknologi yang digunakan untuk memilih Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).
Pada dikala ini, cobaan seleksi CPNS yang digunakan menggunakan sumbangan komputer, atau yang dimengerti dengan nama Computer Assisted Test (CAT). Hal ini berniat agar hasil tes CPNS sanggup objektif, transparan, dan akuntabel.
Setiap penerima sanggup eksklusif mengenali hasil tes setelah beberapa dikala setelah menyelesaikan soal tes CPNS. Peserta yang nilainya di atas passing grade memiliki arti dinyatakan lulus seleksi sementara, alasannya yakni kelulusan hasil final CPNS diputuskan setelah semua penerima CPNS selesai mengikuti tes CPNS, dan kelulusan CPNS diumumkan oleh panitia secara resmi.

Baca juga : Passing Grade CPNS, dan Materi Tes CPNS

Selain perkembangan dalam teknologi yang digunakan dalam memilih penerima CPNS, perkembangan juga dilaksanakan dalam proses registrasi CPNS. Pada jaman dahulu, untuk mendaftar CPNS maka mesti tiba eksklusif ke BKD atau instansi yang membuka lowongan CPNS. Namun pada dikala kini ini, registrasi CPNS sudah dilaksanakan secara online.
Bagi anda yang tidak sudah biasa dengan dunia online, mungkin akan mengalami kesusahan dalam melakukan registrasi CPNS online. Untuk itu, kami hadir untuk menyediakan tutorial terhadap anda dalam melakukan proses registrasi CPNS online. Berikut klarifikasi selengkapnya.
I. Dokumen yang perlu Dipersiapkan Sebelum Pendaftaran

Pendaftaran CPNS secara online dilaksanakan lewat portal SSCN BKN, yakni di sscn.bkn.go.id. Sebelum melakukan Pendaftaran CPNS di portal SSCN BKN, semestinya anda merencanakan peralatan registrasi berupa :

  1. Kartu Keluarga
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Ijazah
  4. Transkrip Nilai
  5. Pas foto
  6. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang mau dilamar
Setelah menyiapkan berkas-bekas di atas, maka selanjutnya sanggup melakukan registrasi CPNS di SSCN BKN dengan mekanisme berikut ini.


Info Update CPNS 2021 cek di https://www.sscnbkn.win/

II. Alur Pendatfaran CPNS di  portal SSCN BKN

Berikut ini alur registrasi dalam portal SSCN BKN:

  1. Buka portal SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id
  2. Buat akun SSCN 2019 menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor kartu keluarga (KK) atau NIK kepala keluarga
  3. Login menggunakan NIK dan password yang sudah didaftarkan
  4. Unggah foto diri memegang KTP dan kartu keterangan akun
  5. Lengkapi biodata. Pastikan data yang diisikan sudah benar
  6. Pilih formasi dan jabatan sesuai pendidikan.
  7. Lengkapi data, kemudian unggah dokumen persyaratan
  8. Cek resume dan cetak kartu registrasi SSCN 2019
  9. Data registrasi akan diverifikasi.

III. Tata Cara Pendaftaran CPNS di sscn.bkn.go.id

Berikut uraian rinci tentang cara registrasi CPNS di SSCN.BKN.go.id :

A. Daftar ke Portal SSCN / Pembuatan Akun

  1. Buka portal SSCN di alaman web : sscn.bkn.go.id
  2. Kemudian klik “Registrasi” pada bab santapan yang ada.
  3. Isikan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga (NIK KK), e-mail, password, pertanyaan pengaman 1, pertanyaan pengaman 2, respon pengaman, dan masukan kode captcha yang terlihat. Apabila pelamar tidak sanggup mendaftar terkait data NIK dan Nomor Kartu Keluarga, silahkan hubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sesuai dengan KTP pelamar, bukan ke instansi atau Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku Panitia Seleksi Nasional (Panselnas)
  4. Setelah data di atas dimasukan dan anda percaya dengan data tersebut, klik “daftar” untuk proses selanjutnya. Ingat! data yang sudah disimpan tidak sanggup diperbaiki atau dirubah
  5. Kemudian timbul pertanyaan “Apakah anda percaya untuk submit pendaftaran?” kalau percaya klik “ok“, kalau tidak klik “cancel
  6. Lalu timbul halaman pemberitahuan bahwa registrasi ke portal SSCN berhasil.
  7. Klik tombol “cetak keterangan pendaftaran” untuk mencetak Kartu Informasi Akun selaku bukti bahwa pelamar berhasil mendaftar ke portal SSCN. Simpan kartu tersebut dengan baik.
  8. Klik “Lanjutkan Login Pendaftaran” untuk ke form berikutnya.
B. Login ke Portal SSCN dan Isi Biodata
  1. Untuk login ke portal SSCN, buka laman sscn.bkn.go.id dengan klik tombol “Login” yang ada di sudut kanan atas. 
  2. Masukan NIK dan password yang sudah Anda daftarkan
  3. Kemudian mengisi Form Biodata Peserta berupa :
    • Nama Ijazah, Tempat Lahir Ijazah, Tanggal Lahir Ijazah, Email, Jenis Kelamin, Alamat Domisili, Propinsi, Kabupaten / Kota, Nomor Telepon, Nama KTP, Tempat Lahir KTP, Tanggal Lahir KTP, Agama, Alamat KTP, Tinggi Badan, Status Kawin, Nomor HP, dan yang lain sesuai formulir yang tersedia.
  4. Jika data sudah lengkap, kemudian klik “Simpan
  5. Setelah pelamar mengisi biodata, klik “Daftar” untuk melanjutkan porses registrasi instansi yang dituju.

C. Daftar Instansi
  1. Pilih Jenis Formasi sesuai dengan formasi yang dibuka oleh instansi
  2. Pilih instansi yang dituju
  3. Klik “Cek” dan akan tampil form Pendaftaran. Apabila pelamar ingin mengubah Jenis Formasi dan Instansi yang dituju, klik “Daftar” kembali untuk mereset bagi instansi yang menggunakan SSCN. Sedangkan instansi yang tidak menggunakan SSCN, cuma sanggup sekali klik tombol “Cek“, data akan tersimpan di Riwayat selaku pelamar instansi Non SSCN. Pelamar tidak sanggup mengganti instansi tersebut.
  4. Pilih instansi yang digemari kemudian klik “ok” pada notivikasi yang muncul
  5. Kemudian mengisi Form Pendaftaran yang berisikan :
    • Pendidikan, Jabatan, Lokasi Kerja, Lokasi Test, nama Universitas atau sekolah, Tanggal Ijazah dan Tahun Lulus, Akreditasi Perguruan Tinggi dan Akreditasi Program Studi dan untuk akreditas SLTA pilih lainnya, nilai IPK untuk lulusan kuliah / nilai ijazah untuk SLTA, Nomor Ijazah, Isi kode captcha yang tampil
  6. Jika sudah percaya dengan data tersebut, klik “Daftar“. Ingat pelamar cuma sanggup mendaftar di 1 jabatan pada 1 instansi dan 1 periode.
  7. Bagi pelamar yang mendaftar di instansi yang tidak menggunakan SSCN, atau menggunakan portal registrasi sendiri) setelah memutuskan instansi non SSCN akan dirujuk ke alamat portal instansi tersebut untuk menyelesaikan proses pendaftaran. Lalu isi data-data anda.
  8. Selanjutnya akan tampil halaman Cetak Kartu Pendaftaran
D. Riwayat Pelamaran SSCN
  1. Setiap registrasi yang dikirim oleh pelamar sanggup dilihat dan dicek statusnya di santapan Riwayat
  2. Untuk mencetak ulang Kartu Pendaftaran, klik “Cetak” pada kolom Registrasi
  3. Untuk melakukan upload dokumen, klik “Dokumen
E. Kartu Ujian
Untuk mencetak Kartu Ujian, pilih kolomnya kemudian klik “Cetak” pada kolom Ujian. Kartu Ujian sanggup dicetak bagi pelamar yang lulus verifikasi selaku bukti untuk melanjutkan ke tahapan seleksi berikutnya.

F. Pengiriman Berkas Pendaftaran CPNS
Setelah melakukan pendaftaran, beberapa instansi mensyaratkan agar kandidat pelamar CPNS mengantarkan berkas pendaftaran. Namun sebagian instansi yang lain tidak mensyaratkan agar kandidat pelamar CPNS mengirim berkas. Silahkan kalian ikuti ketentuan dari masing-masing instansi yang dilamar.

Untuk anda yang melamar pada instansi yang mensyaratkan pengantaran berkas, memiliki arti anda mesti mengantarkan berkas lamaran CPNS. Silahkan diantarkan berkas-berkas yang disyaratkan oleh Instansi yang anda ikuti.

Setelah lengkap, masukkan berkas tersebut ke dalam amplop sesuai ketentuan dan kemudian melakukan pengantaran berkas registrasi CPNS lewat Pos atau jasa pengantaran yang lain yang ditujukan terhadap Instansi yang anda ikuti.
Apabila ada hal-hal yang kurang terperinci atau anda memiliki unek-unek tentang pengantaran berkas pendaftaran, silahkan menanyakan eksklusif terhadap panitia pada Instansi tujuan anda.

Temukan penyelesaian dari pertanyaan anda :

Penting!!!
Apabila ada perbedaan keterangan dengan metode registrasi CPNS di SSCN BKN, maka yang berlaku yakni keterangan di situs web resmi dan situs web resmi instansi yang anda lamar. Ikuti isyarat modern yang ada di web resmi.

Baca juga :

Demikianlah keterangan yang sanggup admin sampaikan pada peluang ini tentang Cara Pendaftaran Online CPNS di SSCN.BKN.go.id. Semoga keterangan yang sudah admin bagikan tersebut sanggup berharga dan menyediakan tutorial terhadap anda dalam melakukan proses registrasi CPNS Online tahun ini.

Admin turut mendoakan mudah-mudahan anda sanggup lulus tes CPNS dan diterima menjadi PNS serta diposisikan di posisi yang anda inginkan. Terima kasih atas waktu yang anda luangkan untuk membaca postingan ini. Mari sama-sama berdoan mudah-mudahan keberhasilan senantiasa menyertai kita semua.

Jangan lupa untuk like halaman web kami dan juga meningkatkan (G+1) info ini pada orang-orang yang membutuhkan. Terima kasih atas kunjungan dan don’t forget for come back again.